Langkah Membuat Kolam Ikan Koi

Diposting oleh Wike Furyandi on Mar 14, 2013


Maket - Membuat kolam ikan koi membutuhkan teknik khusus agar ikan bisa berkemabang dengan sehat apalagi jika harga ikan koinya tergolong mahal. karena itu artikel ini sangat membantu buat anda yang hobi pemelihara ikan koi maupun peternak ikan koi.

Sebelum menjelaskan langkah-langkah dalam Cara Membuat Kolam Ikan Koi, sebaiknya pehatikan dulu tips-tips dalam membuat kolam ikan koi berikut ini :

  • Pemilihan Lokasi Kolam
Dalam Teknik Cara Membuat Kolam Ikan Koi sangat mentukan apalagi bagi seorang hobies ikan koi yang ingin menikmati keindahan ikannya setiap hari. Oleh karena itu pilihlah penempatan kolam ikan di tempat yang tidak terlalu rindang dan tidak juga terlalu panas karna jika terlalu rindang tidak baik untuk perkembangan warna koi dan kualitas air yang cepat kotor karna daun yang berjatuhan dan bila tempatnya terlalu terbuka juga akan menyebabkan air kolam cepat berlumut.

Sebaiknya ikan koi minimal 3 jam sinar matahari dalam sehari. Selain itu pilihlah posisi kolam yang terbenam di tanah dan jangan yang di permukaan karena ikan koi dinikmati dengan melihat dari atas atau bagian punggungnya bukan dari samping.

  • Ukuran Kolam
Sebaiknya disesuaikan antara tempat yang tersedia, luas ruang filter, kemampuan mesin pompa, ketersediaan air dan jumlah ikan yang akan disimpan dalam kolam ikan koi tersebut. Kalau anda bisa memikirkan dengan matang ke empat hal tersebut pasti tidak akan salah dalam Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sebab jangan sampai terlalu luas sedangkan pompa air anda dayanya kecil, air susah didapatkan atau isi ikannya hanya sedikit yang akan membuat anda menyesal nantinya.
  • Bentuk Sisi Samping Kolam
Dalam Teknik Cara Membuat Kolam Ikan Koi sebaiknya mengurangi terlalu banyak lekukan keluar dan kasar pada sisi kolam karna selain akan mempengaruhi pertumbuhan bakteri dalam kolam juga akan menyusahkan kita dalam membersihkan sisi kolom serta tidak baik buat badan ikan koi bila digesekkan.

Dan biasanya juga ada istilah Death Area, yaitu area mati yang menyebabkan air yang berada di sisi kolam tersebut tidak berputar dan tidak bersirkulasi pada filter sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang cepat pada area tersebut.
  • Bentuk Dasar Kolam

Dalam teknik Cara Membuat Kolam Ikan Koi sebaiknya jangan terlalu datar, buatlah kemiringan antara 20% hingga 40% kesamping atau ke sudut kolam agar kotoran ikan koi pada kolam mudah terkumpul dan memudahkan ketika dibersihkan. Atau bisa juga dengan membuat Bottom Drain atau bagian yang lebih dalam di bagian tengah agar kotoran ikan koi terkumpul ditempat tersebut dan memudahkan ketika disedot.

  • Lubang Control Ketinggian Air Atau Overflow
Siapkan lubang control ketinggian air atau overflow pada sisi bagian atas sekitar satu jengkal dari atas permukaan kolam. Teknik Cara Membuat Kolam Ikan Koi ini untuk menyempurnakan fungsi dan desain kolam anda karna tanpa harus mengontrol volume airnya pada waktu hujan. Tapi, sebaiknya sesuaikan antara besar lubangnya dan besar ikan dalam kolam karna bisa saja ikan koi akan keluar lewat lubang tersebut.
  • Pembuangan

Jangan lupa pada saat membuat kolam ikan koi untuk menyiapkan pembuangan di bagian sudut bawah untuk menguras airnya. Hal ini bisa sejalan pada desain dasar kolam yang dibuat miring kesudut.

Perhatikan kedalaman kolam pada saat membuat kolam ikan koi karna air yang kurang dalam akan menyebabkan ikan koi susah beradaptasi ketika perubahan suhu terjadi. Jadi, sebaiknya isi air pada kolam minimal 2 meter karna suhu air di bagian atas dan bagian bawah akan berbeda pada malam hari dan pada siang hari.

Variasi Bentuk Kolam Ikan Koi / Gambar Kolam Ikan Koi dalam Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sempurna
Gambar Kolam Ikan Koi


Gambar kolam ikan koi disamping adalah bentuk kolam asri yang diletakkan dalam ruangan, cara membuatnya kolam ini sebaiknya menggunakan jasa pembuatan relif atau kolam di kotamu.



Biasanya kalau mau membuat kolam ikan koi dengan model seperti ini akan menghabiskan dana yang lumayan besar dibanding dengan kolam ikan koi terpal. Setahu saya biayanya kurang lebih 600.000/m2.
Variasi Bentuk Kolam Ikan Koi Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sempurna
Model kolam ikan koi kedua di atas lebih simpel karna tanpa tumbuhan sama sekali, bisa dibuat dengan batu bata kemudian di aci dan cet hitam untuk kesan mewahnya.

Berbeda dengan desain kolam ikan koi yagn ketiga di atas sepertinya menarik sekali karna disisinya diberi jalan dari kayu jati sehingga tampak alami.

Filterisasi 3 Bilik Dalam Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Dalam membuat filterasissi kolam ikan koi sebaiknya dibentuk menjadi 3 bilik yang mana pada bilik pertama sebagai pengendapan kotoran ikan didasarnya sedangkan bilik ke 2 dan ke 3 juga demikian namun disertai dengan filter di tiap biliknya. Dalam salah satu bilik tersebut disediakan pula filter mat, yaitu filter yang berfungsi sebagai empat tumbuh bakteri pengurai yang membantu proses penjernihan air.

Info: Maket

{ 0 komentar ... read them below or add one }