Makanan Sajian Wajib di Tahun Baru Imlek

Diposting oleh Si Jenggot on Jan 11, 2012



Tak terasa lebaran imlek sudah di depan mata, saatnya kita menyiapkan sajian dan parcel imlek, sajian imlek ini merupakan tradisi dari nenek moyang. Isinya berupa makanan sebagai ucapan tradisi dan permohonan rejeki yang dipercaya membawa keberuntungan.

parcel imlek

Apa saja sajian imlek yang biasa disajikan tersebut.

- Buah-buahan, setiap buah yang disajikan memiliki makna dan arti tersendiri. Umumnya semua ini dibungkus dengan kertas minyak warna merah. Adapun arti dari buah Pisang raja, maksudnya agar nasibnya seperti raja, buah delima, harapannya semoga dilimpahi rejeki, karena bijinya seperti berlian, tebu karena rasanya manis, harapannya akan selalu disukai orang, jeruk bali, sebagai lambang persatuan dan srikaya, maksudnya buah makin banyak biji, makin banyak rejeki.

- Coklat dan Permen, ini makanan wajib yang harus ada disaat imlek, kurang lengkap jika tidak ada permen dan coklat. Makanan ini dikemas dengan plastik.

- Manisan buah merupakan makanan wajib disajikan untuk sembahyangan. Manisan dikemas dalam kotak segi enam, yang disebut tak sien kho, didalamnya, ada delapan macam manisan, yaitu kana, lie merah, kurma, lie kuning, sun thai lie, kim kit ket, dan jeruk kering.

- 12 Macam Kue, menjadi sajian di setiap acara sembahyang yang mewakili lambang-lambang shio yang berjumlah 12. 12 jenis kue itu adalah, kue moho atau mangkok, kue keranjang, kue ku warna merah, kue lemper (dibungkus sepeti burung), kue lapis, wajik (warna merah atau cokelat gula merah), kue nagasari, coro bikang, kue bugis, madu mongso, ketan tetal dan bongko.

Bagaimana persiapan sajian dan parcel imlek anda sudah lengkap?

{ 0 komentar... read them below or add one }