Tips Mencegah Kebakaran

Diposting oleh Si Jenggot on Dec 8, 2011



Alat Pemadam Api - Api bisa menjadi kawan maupun menjadi lawan. Ungkapan Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan itulah Sang Api. kalu menjadi kawan tentu tidak apa-apa, tapi kalo menjadi lawan inilah yang menjadi masalah bagi kita. Banyaknya kasus kebakaran terjadi karena faktor kelalaian dari manusia, maka dari itu kita harus bisa sedini mungkin untuk mencegah terjadinya kebakaran.

alat pemadam api

Ada beberapa cara untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran sehingga tidak menjadi lebih besar. Simak tips di bawah ini:

- Pada saat mati lampu, sebisa mungkin hindari menggunakan lilin dan lampu minyak, tapi sebaiknya menggunakan lampu otomatis atau penerangan dari baterai, namun apabila tidak ada pilihan lain, jauhkan lilin atau lampu minyak dari benda yang mudah terbakar seperti kertas, gorden, seprei, kain, atau benda lainnya.

- Berikan juga pengarahan pada anak-anak mengenai benda-benda yang memicu terjadinya kebakaran, seperti korek, kembang api dan petasan. Berikan pengawasan lebih jika mereka bermain kembang api dan petasan.

- Untuk rumah, sebaiknya merawat dan menggunakan instalasi listrik dengan tepat. Usahakan jangan samapi terjadi kelebihan beban pada kabel dalam satu titik, karena ini bisa memicu panas pada kabel dan menyebabkan kabel mudah terbakar.

- Lengkapi juga rumah anda dengan alat pemadam api yang mudah digunakan, dan jangan lupa untuk membaca petunjuk dan cara penggunaannya.

- Apabila terjadi kebakaran, jangan panik, evakuasi semua orang untuk keluar, dan gunakan alat pemadam api untuk mencegah membesarnya api.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk kita semua.(wk)

Info Terkait: Fire Alarm Kebakaran

{ 0 komentar... read them below or add one }