Tips Persiapan Sebelum Liburan

Diposting oleh Wikey on Sep 19, 2011





Sebelum Anda berlibur, buat perencanaan dan persiapan yang matang jauh hari di muka. Memang mempersiapkan liburan di awal cukup merepotkan. Tetapi, dengan melakukan hal ini akan membuat liburan menjadi lebih baik. Persiapan liburan merupakan faktor penentu agar liburan Anda sukses. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat akan berlibur yaitu:

wisata



*Persiapan liburan jauh di muka
Lakukan persiapan jauh di muka. Karena jika tiba-tiba Anda mengubah tujuan tempat wisata, maka Anda masih memiliki banyak waktu untuk melakukannya.


*Tujuan tempat wisata
Tetapkan tujuan tempat wisata. Anda bisa diskusikan dengan keluarga jika ingin melakukan rekreasi keluarga. Berlibur bukan berarti selalu di luar kota atau tempat yang jauh dari rumah. Liburan di pinggir kota jika terdapat tempat wisata yang nyaman dan pemandangan indah juga bisa menjadi alternatif pilihan. Misalnya berlibur di pantai atau di taman nasional. Pilihan lain adalah berlibur di dalam kota, seperti mengunjungi tempat bersejarah maupun taman bermain.


*Booking hotel
Pastikan Anda sudah memesan tempat penginapan seperti hotel murah atau vila sebelum masa liburan. Jika Anda berlibur tanpa menggunakan kendaraan pribadi, pesan juga kendaraan sewaan di tempat berlibur jika Anda ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata. Biasanya hotel maupun kendaraan sewaan telah dipesan jauh di muka oleh banyak wisatawan.


*Cari informasi panduan wisata
Mulailah mencari panduan wisata di lokasi wisata yang Anda tuju. Informasi tempat wisata bisa Anda dapatkan di situs web, majalah, hasil mengobrol dengan teman-teman, dan media lainnya. Gali informasi seperti kebiasaan penduduk setempat, hal yang unik di sana, maupun lokasi wisata terdekat di area yang sama. Tentu hal ini membuat liburan Anda lebih bermakna dan mendidik.


*Daftar barang bawaan
Mulailah mencatat barang bawaan apa saja yang akan dibawa. Tujuannya agar tidak ada yang terlupakan. Bayangkan di tempat berlibur ternyata kamera Anda tertinggal, tentu liburan Anda bisa cepat terlupakan. Benda-benda seperti kertas, spidol, atau pensil meski terlihat tidak penting, bisa juga dibawa. Anda bisa menggambar peta wisata, rencana tujuan, maupun mencatat hal-hal penting selama di perjalanan.


*Bawa barang yang bermanfaat
Jangan membawa terlalu banyak barang bawaan sehingga membuat Anda tidak leluasa. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang, kapal laut, atau kereta api. Jangan sampai barang-barang tersebut membuat mobilitas Anda terganggu. Karena itu, buat perkiraan yang terbaik untuk barang bawaan Anda sesuai dengan kondisi yang ada.


*Kelengkapan dokumen
Urus semua dokumen perjalanan maupun dokumen kesehatan yang diperlukan. Misalnya jika Anda merencanakan berlibur di luar negeri, Anda bisa mengurus beberapa dokumen yang diperlukan untuk Anda dan keluarga.

info terkait: Paket Tour Bali

{ 0 komentar ... read them below or add one }