Tips Memilih Ikan Arwana

Diposting oleh Si Jenggot on Sep 15, 2011





Harga ikan Arwana dipasaran bisa berharga jutaan tapi juga ada yang berharga puluhan dan ratusan ribu. Bagi anda yang pehobi memelihara ikan jenis ini pasti sudah tahu tentang jenisnya.

ikan arwana

Bagi pehobies punya Arwana jenis super red atau golden red barangkali bisa menaikkan prestos. Tapi kalau kurang telaten merawat ikan berharga jutaan rupiah itu bisa mati, yang ada tinggal nangis darah deh. Bagi para pemula yang masih ‘sayang’ dengan uangnya, dan ingin coba-coba memelihara arwana mungkin bisa dipertimbangkan untuk memilih jenis yang murah dulu :

Arwana Hijau
(Scleropagus formosus) berasal dari daerah Amerika Selatan. Tapi penyebarannya meluas di Asia Tenggara : Indonesia, Malaysia dan Thailand, tapi kebanyakan para pehobi menemukannya di Sumatera. Jenis ini memiliki sirip hijau dan besar-besar. Garis sisik perak keabu-abuan. Ada warna kuning di sisiknya. Saat berlenggok, dari tubuhnya seperti memancarkan kilatan kuning, perak dan hijau. Ukuran 20-25 cm kira-kira dihargai Rp. 150.000 sampai Rp. 200.000. Jauh lebih murah ketimbang Super Red yang bisa mencapai 1,3 juta.

Arwana Irian
Arwana Irian (Scleropages jardin) berasal dari sungai Jardine, Australia. Tapi juga banyak ada di irian, maka itu dijuluki juga arwana irian. Bentuknya mirip Arwana hijau, warna dasar sisik perak kecoklatan, dan bagian perut perak cerah. Ciri khasnya, terdapat spot (bintik) merah gelap pada sisik dan seperti membentuk pola batik. Ikan ini untuk ukuran 15 cm dijual seharga Rp. 100.000 sampai Rp. 130.000.

Leichardti
Bahasa latinnya (Scleropages leichardti). Juga disebut Dawson river salmon, karena hidup di sungai Dawson, Australia. Sungai Dawson menjadi habitat aslinya. Di Indonesia leichardti sering dijumpai di Irian. Hebatnya arwana jenis ini bisa tahan suhu hingga 40 derajat celcius! Dipasaran jenis Leichardti 15 cm dihargai rata-rata Rp. 75.000 sampai Rp. 150.000.

Arwana Hitam
Osteoglossum bicirrhosum, disebut juga sebagai arwana silver, Sisiknya perak berkilau. Sekilas tampak seperti pedang. Mudah didapat dan termasuk berharga murah. Ukuran 12 cm dihargai Rp. 40.000 sampai Rp. 60.000. Adalagi arwana hitam (Osteoglossum ferrerai). Sering disebut arwana brasil. Sisiknya hitam tapi tidak legam. Setelah dewasa akan muncul warna perak kekuningan di sisiknya. Warna hitamnya menjadi transparan menutupi warna kekuningannya, kalau sudah begini biasanya harganya agak mahal. Untuk ukuran 12 cm saja rata-rata dihargai Rp. 150.000.

Bagaimana? Mau mencoba memelihara Arwana? (mypeliharaan.blogspot.com)

info terkait: Ikan Arwana

{ 0 komentar... read them below or add one }