Desain Rumah Semi Permanen Untuk Keadaan Darurat

Diposting oleh pulat on Sep 8, 2011





Rumah Minimalis 1 Lantai - Ini bukanlah tenda tuk berkemah tetapi ini adalah Abod, sebuah rumah minimalis 1 lantai semi permanen maupun bisa juga dijadikan permanen yg telah memenangkan sebuah penghargaan tuk proyek kecil dari Institut Arsitek di Amerika (American Institute of Architects) atas desain dan inovasinya
Rumah Abod adalah rumah minimalis 1 lantai semi permanen bisa dibangun dalam waktu 1 hari dgn tenaga kerja cukup dgn 4 orang saja dan juga hanya membutuhkan sebuah obeng (screwdriver) dan sebuah alat penusuk (awl).


Abod sendiri memang ditujukan tuk 2 hal yaitu sebagai rumah minimalis 1 lantai semi permanen bagi orang miskin yg tidak mempunyai banyak uang tentunya dan rumah darurat bagi daerah yg sedang dilanda bencana seperti gempa bumi, tsunami.

Ukuran Abod walaupun kecil (panjang 3,65m x lebar 3,05m x tinggi 1,83m) tetapi diyakini cukup membuat semua orang yg tinggal di dalamnya merasa layak sebagai sebuah rumah.

Karena memang Abod tuk juga dapat digunakan tuk rumah darurat bagi korban bencana maka Abod telah dipacking dgn sebuah kotak kayu dgn ukuran 1,2 x 3,6 x 0,6m sehingga Abod dapat dikirim dan didistribusikan dgn mudah.


Material yg digunakan juga menggunakan bahan yg tidak mudah terbakar sehingga akan meminilisasi kebakaran yg merembet yg biasa terjadi pada perkampungan padat penduduk.

Abod sendiri tidak perlu menggunakan landasan dari beton karena di tanah pun abod bisa dipasang dgn menggunakan alat tambahan tuk mengikatnya ke tanah sehingga tidak mudah terbawa angin atau bergerak.


Dan bila memang dibutuhkan, Abod bisa digabungkan sehingga bisa mempunyai ruang yg lebih luas.Selain itu tentu saja bagi yg tinggal akan lebih nyaman dan sehat.

Sumber: otakku.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }