Cara Sederhana Renovasi Area Bawah Tangga Jadi Kamar Mandi Tamu

Diposting oleh pulat on Sep 13, 2011






Renovasi Rumah - Memaksimalkan potensi ruang di bawah tangga, biasanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau kamar mandi tamu. Sebagai kamar mandi tamu, area di bawah tangga ini lebih mudah dijangkau agar tamu tidak perlu masuk ke dalam kamar mandi pemilik rumah.

Berikut tips renovasi rumah tuk area bawah tangga menjadi kamar tamu:

·            Ukurlah ketinggian langit-langit di area bawah tangga tersebut. Tuk merenovasi kamar mandi yg nyaman setidaknya orang harus dapat berdiri tegak di dalamnya. Ketinggian yg nyaman sekitar 2 meter.

·            disebabpka tangga tidak sama tinggi, ada bagian  langit-langit yg lebih rendah bila dibandingkan bagian lainnya. Manfaatkan  bagian yg rendah sebagai area penyimpanan peralatan kamar mandi seperti  tisu atau sabun.

·            Buat level lantai lebih rendah daripada level  lantai bagian luar kamar mandi tersebut. Tujuannya, apabila ada air di dalam kamar  mandi, air tersebut tidak akan ke luar dan menggenangi ruang lainnya. Penurunan level  lantai yg umum dibuat adalah sekitar 5 sentimeter.

·            Area bawah tangga ukurannya mungil, tuk itu perhatikan sirkulasi udara. Usahakan ada akses udara masuk dari luar ke dalam. Sehingga kamar mandi tidak menjadi  lembab dan menjamur.  Tuk menghemat tempat, buatlah bukan berupa lubang angin berkisi-kisi agar udara tetap masuk tetapi hewan-hewan kecil terhalang.

·            Di dalam kamar mandi, pencahayaan  memegang peranan penting. Pastikan penerangan buatan di dalam kamar mandi ini. Lebih baik lagi jika memungkinkan dibuat  jalan masuk cahaya alami, seperti kaca yg  terhubung ke luar rumah. Cahaya matahari  baik tuk menghalau kelembaban ruangan serta berkembangnya jamur dan kuman.

·            Karena letaknya di bawah tangga, tidak  semua fungsi kamar mandi dapat terakomodasi. Yg terpenting, bagi sebuah kamar mandi tamu adalah keberadaan kloset  dan wastafel. Ini karena umumnya tamu hanya menggunakan kamar mandi tuk  buang air dan mencuci tangan.

sumber:kompas.com

Info Terkait:

{ 0 komentar ... read them below or add one }