Cara Merawat Batik Agar Awet

Diposting oleh Wikey on Sep 13, 2011





Sebagai salah satu warisan budaya bangsa, batik atau baju batik kini menjadi busana resmi yang kian digandrungi masyarakat Indonesia. Jenisnya pun bervariasi, mulai batik tulis yang menggunakan canting hingga baju batik motif dengan cetakan mesin (print) turut dijajakan di pasaran.

http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2009/08/18/CB6C19EF-A9B3-41E0-921E-EB82076AA6D6.jpg

Agar Anda bisa membedakan mana yang sesuai dengan selera Anda, ada baiknya jika mengikuti tips tentang batik berikut ini!

Tentukan jenis kain batik, desain batik yang Anda inginkan. Jika dilihat dari proses pembuatan kain batik ada batik tulis dan batik print. Batik tulis memiliki motif yang sama pada bagian dalam dan luar pakaian. Sedangkan, batik print desain batik lebih terang dibagian luarnya dan agak pudar di bagian dalam pakaian. Untuk memastikannya, Anda bisa menceknya langsung.

Jika dilihat dari bahannya, ada model batik lawas yang awalnya digunakan untuk kain gendongan yang sifatnya mudah sobek. Secara penggunaan bahan ini digemari karena adem dan nyaman kala dipakai. Namun secara tekstur, kainnya lebih tebal.

Untuk kategori model batik, bahan yang paling baik digunakan biasanya alat tenun bukan mesin (ATBM), biasanya bahan dasar yang digunakan adalah sutera jadi wajar saja jika harganya paling mahal di kelasnya. Untuk perawatan, batik berbahan premium salah satunya sutera harus di dryclean agar lebih awet dan terjaga serat kainnya.

Sedangkan batik biasa, pencuciannya direndam tanpa sabun. Hal ini bertujuan untuk menjaga warnanya agar tidak cepat pudar. Selalu beli batik asli Indonesia.(ew/tribun)

info terkait: model baju batik

{ 1 komentar ... read them below or add one }

baju batik wanita said...

Artikel yang bagus. untuk pengetahuan agar batik tetap awet... sukses selalu