Bekas Luka Hilang dalam Hitungan Detik

Diposting oleh malamjumat on Sep 19, 2011


Kadang, jika kita terkena luka selalu menimbulkan bekas luka yang tak hilang. Bahkan, jika pernah dioperasi salah satu bagian tubuh, jahitan yang membekas tak bisa hilang selamanya. Bagi sebagian orang, apalagi perempuan yang ingin kulitnya mulus, hal ini tentu sangat mengganggu. Untuk itu, berbagai penelitian terus dilakukan.
Dan, sepertinya, masalah bekas luka yang tak bisa hilang itu akan segera terpecahkan. Sebab, sekelompok ilmuwan dari Inggris baru-baru ini mengklaim telah berhasil membuat sebuah gel yang akan bisa menekan gen-gen penyebab timbulnya bekas luka yang tak bisa hilang. Gel dari gen ini bisa menjadi solusi penghilang bekas luka karena bisa merekayasa genetika proses penyembuhan luka.
Menurut para peneliti dari Universitas Bristol Inggris, selama ini jika kulit terluka, jaringan darah dan sel di bawah kulit mulai bekerja memperbaiki kerusakan. Proses ini yang akan menyisakan bekas. Bekas ini bisa sangat beragam bentuknya, mulai dari yang ringan sampai yang agak parah sebagai akibat penyakit diabetes.
Dari hasil penelitian yang dipimpin Profesor Paul Martin di Universitas Bristol ini lantas menemukan bahwa faktor utama yang menimbulkan bekas karena adanya gen osteopontin (OPN). Gen ini dianggap sebagai gen yang paling bertanggung jawab memicu hadirnya bekas luka di kulit. Karena itu, mereka kemudian menciptakan semacam gel untuk menekan aktivitas gen OPN. Setelah dalam beberapa percobaab, ternyata gel ini cukup berpengaruh pada proses percepatan kesembuhan luka, sekaligus parut yang minim.
Upaya menekan gen OPN ini juga mempercepat regenerasi sel darah di sekitar lokasi luka, dan meningkatkan kecepatan rekonstruksi jaringan. Dengan begitu, penemuan ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk masalah kulit akibat luka.  Sumber andriewongso

{ 0 komentar ... read them below or add one }