Aneka Olahan Coklat

Diposting oleh Wike Furyandi on Sep 12, 2011






Buat sebagian besar orang, coklat sudah menjadi makanan favorit dan kebanyakan menjadi media pendukung untuk mengutarakan perasaan. Ada beberapa jenis olahan coklat yang bikin kita ngiler.

http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2009/02/27/76781A7C-1810-42D3-BD69-D75B68CDCAF8.jpg

* Ganache adalah istilah dalam bahasa Perancis yang merujuk pada isian (filling) atau icing yang terbuat dari coklat dan krim. Dengan kata lain Ganache tak lain adalah campuran coklat dan krim dalam perbandingan tertentu yang biasanya digunakan sebagai filling atau icing pada cake, pastries, truffle, praline, dan dessert lainnya.

Selain coklat dan krim, sering dijumpai beberapa bahan lain seperti butter, syrup, liquor, ekstrak perasa, dll, dalam resep ganache yang beredar. Bahan-bahan itu merupakan bahan tambahan untuk menghasilkan kesan mengkilap atau memberi kesan rasa tertentu pada ganache.

Cara membuat ganache yang umum digunakan adalah dengan memanaskan krim, angkat dari api, lalu masukkan potongan coklatnya (atau bisa juga menuangkannya ke dalam potongan coklat), setelah itu tinggal diaduk hingga semua coklat meleleh dan ganache menjadi halus.

* Coklat Barks adalah jenis coklat berbentuk kepingan atau lembaran dengan buah kering,kacang ato bongkahan coklat. Kalo biasanya dominan coklat dan berbentuk rapi,coklat barks biasanya dominan buah kering dan kacangnya,selain itu bentuknya dibiarkan bertekstur begitu saja. Ya bisa dilihat dari namanya, bark = kulit pohon. Satu layer bark bisa terdiri atas bermacam-macam isian seperti almond bahkan kepingan permen.

* Coklat Truffle merupakan coklat yang banyak digemari karena sensasinya yang.. hmmm.. lembut gaan. Coklat truffle adalah coklat yang di dalamnya terdapat ganache filling atau lainnya. Biasanya menggunakan coating coklat bubuk,hiasan spiral dan lain-lain. (berbagai sumber)

info terkait: Toko Coklat

{ 0 komentar... read them below or add one }