Kreatif Warna Untuk Rumah Minimalis

Diposting oleh Unknown on Jul 7, 2011


Pemilihan warna cat untuk rumah minimalis harus ada keharmonisa, perpaduan warna yang tepat adalah kunci utama rumah minimalis hal itu akan menimbulkan keharmonisan dan keselarasan bagi keseluruhan desain rumah; baik bahan, bentuk, dan tekstur. bila salah memilih warna akan merusak keharmonisan desain rumah minimalis.

Warna Dinding Ruangan

Untuk dinding ruangan berikan warna yang cerah dan netral. Berilah aksen dengan menggunakan permainan dua warna yang sengaja ‘ditabrakkan’ untuk menghapus kesan monoton. Pilihan warna ini dapat juga diterapkan pada pilar rumah.

Kemudian untuk warna teras rumah, anda dapat memadukan pilihan warna cerah dengan pemasangan batu alam yang berwarna soft dan berkarakter. Saat ini pilihan batu alam yang dapat digunakan sangat beragam.

Kusen pintu dan jendela, sebaiknya menggunakan kusen alumunium karena lebih presisi. Pilihlah kusen berwarna gelap. Bila menggunakan kayu pilihlah yang tidak terlalu banyak profil agar tidak menghilangkan nilai minimalis.

Untuk menghias dinding gantunglah lukisan atau foto dengan komposisi dan frame yang simple tanpa profil atau ukiran. Lukisan dan foto pada dinding sebaiknya tidak terlalu banyak, pilihlah yang besar dari koleksi lukisan dan foto anda.


Pemilihan warna seperti disebutkan di awal dapat digunakan untuk keseluruhan ruangan. Namun bila ingin lebih personal, anda dapat membedakan warna untuk beberapa ruangan yang bersifat personal pula.

Dapur misalnya, anda bisa menggunakan “warna-warna turunan” dari warna kesukaan istri anda untuk ruangan ini. Warna-warna turunan hijau, orange, merah dan hijau juga dapat menimbulkan kesan bersih dan segar. Tentunya warna turunan tadi juga harus tetap mempertimbangkan keselarasan dengan warna ruangan lainnya dan warna rumah keseluruhan.

Begitu pula dengan kamar tidur, penggunaan warna-warna turunan dari warna kesukaan pemilik kamar adalah pilihan yang bijak. Dengan pemilihan perabotan, aksesoris dan pencahayaan yang tepat, ruang pribadi ini tidak akan kehilangan nuansa minimalis dan tentunya lebih nyaman.

Warna Lantai Rumah Minimalis

Untuk lantai pilihan warna yang lebih gelap adalah yang paling tepat. Penggunaan keramik dan marmer sangat umum pada rumah minimalis. Penggunaan lantai kayu juga baik untuk lantai rumah minimalis. Lantai berwarna gelap bisa dikombinasi dengan karpet berwarna coklat solid tanpa motif.


Langit-langit Rumah Minimalis

Saran yang terbaik untuk langit-langit rumah minimalis modern adalah warna putih. Warna putih pada langit-langit rumah memberi efek terang dan kesan langit-langit yang lebih tinggi. Selain warna putih anda dapat menggunakan warna lain yang tentunya lebih terang dibandingkan warna bagian rumah lainnya. Hindari menggunakan terlalu banyak bentuk profil pada langit langit, kesederhanaan akan lebih baik.

Interior Minimalis

Konsep minimalis modern lebih menonjolkan kebersihan, kerapihan dan keteraturan, hal ini berlaku juga untuk disain interior. Penggunaan furniture minimalis seperti meja dan kursi sebaiknya dipilih model yang simpel berwarna gelap dengan aksen warna hitam. Meja berbahan kaca sangat baik untuk menciptakan kesan ringan. Bila menggunakan furniture berbahan kayu pastikan furniture yang finishing pekerjaannya rapih.


Sebaiknya seluruh permukaan meja dibiarkan bersih, letakkan buku dan barang-barang lain dalam laci. Aksesoris yang ideal untuk meja adalah vas bunga dari gelas artistic. Sehingga Anda bisa mendapatkan art desain interior yang bagus.

Jika Anda menggunakan railing tangga dan teralis, pilihlah yang ber-motif sederhana tanpa ornamen ‘berat’ seperti motif bunga-bunga/suluran. Tentang warna railing dan teralis sebenarnya tidak berpengaruh besar. Yang paling penting adalah perpaduan garis-garis horisontal dan vertikal pada railing, karena itu adalah salah satu ciri interior rumah minimalis. Demikian tentang pemilihan warna rumah minimalis, temukan info menarik lainya seputar rumah: Iklan Jual Beli Rumah

{ 2 komentar ... read them below or add one }

rumahku said...

Informasi yang menarik,

Mohon untuk di sharing juga di http://www.rumahku.com di bagian tips properti sehingga member kami bisa turut mendapatkan manfaat dari informasi anda.

Rumahku.com adalah portal properti Indonesia yang terbesar dan tercanggih. Anda bisa dengan mudah menemukan informasi rumah dijual, apartemen disewakan dan tips-tips properti.

jual sewa rumah jabodetabek said...

tips yang menarik.
terima kasih sudah sharing tips-tips nya disini.