Tips Masalah Komputer dan Solusinya

Diposting oleh Unknown on Jun 23, 2011


Berikut ini ada beberapa masalah komputer sebagai penyebab komputer hang atau Crashsimak pembahasan berikut ini:

1. VIRUS

Tanda pertama infeksi virus adalah komputer tidak stabil. Beberapa virus menghapus boot sektor dari sebuah hard drive sehingga mustahil untuk start sebuah program. Oleh karena itu adalah ide yang baik untuk membuat Windows start-up disk. Perhatikan caranya dibawah ini.

SOLUSI;

Buat start up disk dengan cara; Klik [Start Menu]>[Control Panel] > [Add/Remove Program] dan mencari tab start up disk.
Perlindungan virus memerlukan kewaspadaan secara terus menerus. Sebuah scanner virus sangat anda butuhkan agar dapat mengidentifikasi virus. Hasil scan virus akan disimpan dalam file DAT. File DAT harus diperbaharui mingguan atau bulanan dari situs perangkat lunak antivirus Anda.

2. PERANGKAT LUNAK

Penyebab umum dari mengapa komputer crash adalah perangkat lunak rusak atau proses instalasi jelek.
SOLUSI;

  • Seringkali solusi paling baik adalah meng-uninstall perangkat lunak dan kemudian menginstal ulang.
  • Jika yang masalah crash adalah Windows Anda, silahkan masuk ke mode Safe. Hal ini dapat dilakukan selama start up dan saat Anda melihat pesan ” starting windows” tekan F8 dan akan membawa Anda ke Save mode. Safe Mode menjalankan beban minimal driver. Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan dan memperbaiki masalah yang mencegah Windows dari pada saat loading.

3. PRINTERS

Pada proses cetak-mencetak, tindakan mengirimkan dokumen untuk mencetak menciptakan sebuah file besar yang sering disebut file postcript. Printer hanya memiliki sejumlah kecil memori yang disebut buffer. Hal ini dapat dengan mudah memberi kelebihan beban. Mencetak dokumen juga menggunakan cukup banyak tenaga CPU yang akan memperlambat kinerja komputer Anda.
Jika printer sedang mencoba untuk mencetak karakter yang tidak biasa, maka disinilah masalah sangat sering muncul. Kadang-kadang printer sangat sulit dipulihkan akibat kekacauan dalam buffer printer.

SOLUSI;

Cara yang baik untuk menghapus buffer adalah, cabut printer selama 10 detik. Boot kembali printernya setelah kira-kira 10 detik (disebut cold boot) dan akan mengembalikan pengaturan default printer Anda.

4. HARD DISK DRIVE

Informasi pada HARD DISK DRIVE menjadi sedikit demi sedikit akan aus atau terfragmentasi seiring waktu pemakaian. Adalah baik untuk defragment hard disk setiap bulan untuk mencegah komputer crash.

SOLUSI;

Lakukan defragment hard disk dengan cara; Buka [Start Menu]>[Aksesoris]>[System tool]>[Disk Fragmenter]. Ikuti perintah selanjutnya.

Demikian pembahasannya semoga bermanfaat untuk anda, temukan info terkait lainya tentang komputer: iklan baris komputer

{ 0 komentar ... read them below or add one }