Permudah Jalan Dalam Memulai Usaha Baru

Diposting oleh pulat on Jun 21, 2011






Peluang Usaha Baru - Usaha Kecil Menengah merupakan level usaha paling awal yag seharusnya dijajaki para wirausahawan. Untuk sukses di level UKM tersebut, seorang konsultan wirausaha dari PPM manajemen. Dan aspek pasar dan produksi merupakan aspek utama yag harus diperhatikan dalam memulai usaha.

Nomor satu, pasar. Kalau siapa pembelinya sudah dapat diidentifikasi, masalah lain bisa diatasi juga. Dan aspek produksi yag sebenarnya saling menyusul dgn aspek pasar. Kalau produksinya, punya keterampilan yag bisa dilakukan cari pasar yag cocok, misalnya sablon, pasarnya sablon.

Setelah permasalahan pada aspek pasar dan produksi teratasi, Yanto melanjutkan, masalah lain seperti tenaga kerja dan modal akan lebih mudah diatasi. Tenaga kerja akan lebih mudah, tenaga kerja banyak, modal bisa diusahakan.

Selain itu, menurut Yanto, para wirausahawan juga harus memiliki ketekunan tinggi dalam memulai usaha dan membangunnya. "Harus tekun, karena wirausaha itu pilihan kerja, sama kayak bekerja, pagi kerja terus sampai sore. Jadi harus tekun, nanti baru ada peningkatan

Para wirausaha muda yag me mulai usaha secara otodidak, kata Yanto, juga harus banyak belajar mengenai wirausaha melalui jalur informal seperti konsultasi bisnis, kursus, dan membaca buku. Karena, lanjut Yanto, pendidikan wirausaha formal tidak banyak tersedia di Indonesia.

Jarangnya pendidikan formal wirausaha di Indonesia tersebut, menurut Yanto merupakan salah satu faktor yag menyebabkan orang takut beriwirausaha. "Karena tidak ada edukasinya, karena pendidikannya semua pendidikan kerja. Kalau dimulai secara formal itu ada profesi, orang bertani pun ada sekolahnya," imbuhnya.

Untuk itu, Yanto menyampaikan bahwa pendidikan formal wirausaha sangat diperlukan guna menumbuhkan wirausahawan muda di Indonesia.

{ 0 komentar ... read them below or add one }