Metode Pembayaran Transaksi Jual Beli Online

Diposting oleh Wike Furyandi on Jun 23, 2011




Iklan Gratis - Belanja lewat internet memang gampang. Ketika proses jual-beli sudah dilaksanakan dan terjadi pembayaran, otomatis proses dianggap selesai. Namun untuk memilih metode pembayaran yang akan digunakan, tidak semudah memilih barangnya.

iklan gratis


Saat ini, ada cukup banyak metode yang bisa digunakan untuk membayar. Yang pertama dan paling banyak dilakukan adalah menggunakan kartu kredit. Sebagian besar situs jual-beli online menyediakan sistem pembayaran via credit card. Transfer? Bisa juga, dan masih banyak yang melakukannya. Meski demikian, banyak yang bilang metode pembayaran melalui kartu kredit dan transfer rawan penipuan. Nomor kartu kredit bisa dihack dan berakibat pada jumlah tagihan yang membengkak. Jika menggunakan metode transfer, penjual dikhawatirkan lari tak mau tanggung jawab setelah terima uang.

Jika mau aman, dipilihlah cara cash on delivery (COD). Metode ini sama seperti layanan pesan antar. Penjual dan pembeli bertemu langsung. Setelah sama-sama oke, baru transaksi dilakukan. Namun, tidak semua situs belanja online mau melayani metode pembayaran seperti ini. Selain rumit, terkadang lokasi pembeli dan penjual berjauhan. Ada lagi metode pembayaran lain, dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Metode seperti ini banyak dilakukan untuk meng-cover situs-situs besar seperti eBay atau Amazon. Jasa pihak ketiga yang banyak dipakai adalah PayPal. Dengan PayPal, seseorang cukup punya akun, dan menyimpan saldo di dalamnya untuk jual-beli.

sumber:techno.okezone.com

lihat juga disini:

Trend Transaksi Jual Beli Secara Online

{ 0 komentar ... read them below or add one }