Sektor UMKM Makin Tajam

Diposting oleh malamjumat on May 11, 2011


Di Indonesia, sejalan dengan penguatan regional dan global, kepercayaan pelaku usaha kecil ini meningkat sebesar 5 poin ke 106. Peningkatan ini melanjutkan tren penguatan optimisme pelaku usaha kecil di Indonesia, yang telah kembali ke zona positif semenjak kuartal kedua 2009.

Mengenai konsistensi penguatan optimisme UKM Indonesia, Jeffrey C. Tjoeng, Head of Business Banking HSBC Indonesia mengatakan, hasil HSBC Global Small Business Confidence Monitor ini sangat menggembirakan, terutama untuk Indonesia. Sejalan dengan pemulihan regional dan global, optimisme pelaku usaha kecil Indonesia terus meningkat secara konsisten, melanjutkan pergerakan positif dari survey sebelumnya.

Meskipun pandangan mereka tidak seagresif pelaku usaha negara lain, kita harus melihat bahwa mereka tidak pernah memiliki pandangan terlalu negatif bahkan ketika krisis melanda. Awal tahun ini, pelaku usaha kecil siap meningkatkan bisnisnya. Perilaku ini berbeda dengan pendekatan konservatif mereka selama masa krisis

Selain Asia dan Indonesia, jajak pendapat ini juga menunjukkan bahwa UKM di hampir semua negara juga memiliki pandangan positif. UKM Timur Tengah memiliki sebesar 125 poin, Amerika Latin sebesar 118, AS dan Kanada sebesar 107 dan Inggris sebesar 101. Survey juga menunjukkan bahwa emerging markets di semua kawasan, memiliki tingkat optimisme yang jauh diatas negara maju, dengan indeks sebesar 121 berbanding 106 untuk negara maju.

Di Asia, pulihnya tingkat kepercayaan pelaku usaha kecil ini ditunjukkan dengan menguatnya indeks kepercayaan bisnis secara signifikan sebesar 15 poin, dari 107 di kuartal kedua 2009 ke 122 poin di kuartal keempat 2009.

Penguatan indeks ini menunjukkan bahwa kepercayaan bisnis para pelaku peluang usaha modal kecil telah kembali kepada optimisme sebelum krisis. Selain kembalinya kepercayaan mereka terhadap pemulihan perekonomian di negaranya, mereka mulai kembali berinvestasi untuk pekerja maupun kegiatan operasionalnya, kata Sandy Flockhart, Chairman of HSBC Commercial Banking dalam penjelasan resminya kepada INILAH.COM, kemarin.

{ 0 komentar ... read them below or add one }