Mengenal Perawatan Khusus Utk Baju Batik

Diposting oleh pulat on May 23, 2011





Batik Murah - Tak sekadar menyimpannya begitu saja, koleksi batik baik itu yg mahal maupun batik murah kita perlu dirawat agar tidak cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa treatment yg perlu kita perhatikan dan tidak ada salahnya utk diikuti:

·            Gunakan sabun cuci khusus utk kain batik yg banyak dijual di pasaran, ketika hendak membersihkan batik.

·            Kita juga bisa mencuci kain atau baju batik baik yg mahal maupn batik murah dgn sabun lembut atau sampo rambut. Sebelumnya, larutkan sampo di air sampai tak ada bagian yg mengental. Lalu, celupkan kain batik. Hindari penggunaan deterjen yg akan membuat kain batik kita jadi rusak.

·            Cara lain mencuci batik juga bisa dgn menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yg sudah direndam air hangat. Caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai mengeluarkan busa. Kemudian, tambahkan air secukupnya, barulah kain dibersihkan. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya hewan kecil yg bisa merusak kain.

·            Batik sebaiknya tidak dicuci dgn cara digosok. Jika batik tak terlalu kotor, maka cukup merendamnya di air hangat. Bila memang benar-benar kotor, misalnya terkena noda makanan, maka bagian itu dapat dihilangkan dgn sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, cukup dgn mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian yg kotor tadi.

·            Hindari penggunaan mesin cuci dalam membersihkan kain atau baju batik murah.

·            Saat akan menjemurnya, batik yg basah tak perlu diperas. Jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, tetapi taruhlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.

·            Saat menjemurnya, tarik bagian tepi batik perlahan-lahan agar serat yg terlipat kembali ke posisi semula.

·            Hindari menyetrika batik secara langsung. Jika batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik, lalu letakkan sehelai alas kain di atasnya, baru disetrika.

Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Batik Murah

{ 0 komentar ... read them below or add one }