Kontraktor Nakal Berikut Tips Menghadapinya

Diposting oleh pulat on May 11, 2011





Jasa Kontraktor - Utk membantu mewujudkan rumah impian, tentunya anda membutuhkan bantuan dari profesional (arsitek dan Jasa Kontraktor). Saygnya tidak semua profesional cocok dgn kebutuhan anda dan mampu memuaskan anda.

Salah pilih, bisa-bisa malah kerugian dan kekecewaan yg menghampiri anda. Anda pernah mempunyai kesulitan berhubungan dgn profesional (arsitek atau Jasa Kontraktor) saat membangun rumah/properti anda?

Berikut Tips Berhubunga Dengan Jasa Kontraktor:
·         Tidak berbeda dgn arsitek, periksa reputasi Jasa Kontraktor. Sebaiknya jangan beri Jasa Kontraktor tugas yg belum pernah dilakukan sebelumnya. Menyewa Jasa Kontraktor yg tidak sesuai dgn spesifikasi bangunan akan menyebabkan resiko kerugian yg lebih besar dibandingkan risiko salah memilih arsitek, baik dalam hal waktu maupun biaya.

·         Periksa juga latar belakang keuangan Jasa Kontraktor. Anda dapat meminta fotokopi rekening bank Jasa Kontraktor dan bank guarantee (jaminan bank) jika dirasa diperlukan, sebagai jaminan Jasa Kontraktor tidak akan kehabisan dana di tengah pelaksanaan proyek, karena biasanya periode pembayaran dari pemilik proyek tidak selalu sama dgn waktu pembayaranjasa  Jasa Kontraktor ke suplier bahan bangunan atau sub Jasa Kontraktor.

·         Sepakati biaya proyek keseluruhan di muka (sebelum pelaksanaan), berdasarkan rencana anggaran biaya yg dibuat oleh arsitek, yg kemudian dinegosiasikan dgn Jasa Kontraktor. Sepakati pula siapa yg akan menanggung risiko-risiko, seperti risiko kenaikan harga, kerusakan bangunan, dan sebagainya.

·         Mintalah jaminan/garansi dari Jasa Kontraktor selama jangka waktu tertentu (utk rumah tinggal biasanya 3-6 bulan). Segala kerusakan yg terjadi pada masa jaminan tersebut (kecuali force majeur) menjadi tanggungan Jasa Kontraktor. Beberapa arsitek juga menawarkan jasa sebagai Jasa Kontraktor. Jasa kombinasi seperti ini dapat menghemat biaya, karena biasanya penyedia jasa hanya mengambil fee sebagai Jasa Kontraktor, tanpa fee desain. Namun hal ini hanya direkomendasikan utk proyek-proyek yg relatif sederhana seperti rumah tinggal, dan anda sebaiknya mengenal penyedia jasa ini dgn baik.


Sumber :www.ruang9.com

Temukan Info Lain Seputar Jasa Kontraktor

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Bengkel Guide said...

wawww