Cara Membuat Kerajinan Tangan Gantungan Kunci

Diposting oleh Wike Furyandi on May 16, 2011






Kerajinan tangan dari bahan tepung maizena dapat dibuat pernak-pernik kerajinan unik seperti : tempat lilin, hiasan dinding, kotak pensil, pigura, lukisan yang sangat menarik, gantungan kunci dll.. Bila ditekuni menjadi sebuah bisnis sampingan/ home industry bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah.

Nah anda tertarik ?..
Sebenarnya selain dari bahan tepung maizena , kerajinan tangan bisa di buat dengan bahan clay ( bahan lilin ) namun dikarenakan clay mengandung unsur racun berbahaya maka lebih baik menggunakan tepung tersebut. Disamping ramah lingkungan juga aman untuk mainan anak-anak.

kerajinan tangan

Untuk modelnya bisa meniru dari model yang terbuat dari bahan clay. yang sudah beredar dipasaran

Mungkin dengan menjadikan bisnis sampingan.. bisa dibuat asumsi omzet penjualan sbb:

1 buah gantungan kunci bisa dijual dengan harga, 5 br, celengan 15 rb ~ 25 rb, kotak pensil 10 rb ~ 15 rb, hiasan sendok 30 rb, tempat lilin 35 rb, hiasan dinding 60 rb, hiasan nama dengan piguran 150 rb dll ,, nah bisa anda hitung sendiri berapa omzetnya jika bisa menjual sampe beberapa pcs...nah untuk promosi usahanya bisa dengan mengikuti pameran/ bazar atau dengan menyebar brosur-brosur ke lingkungan dekat rumah kita atau khalayak ramai..

Untuk membuat hiasan dinding berikut bahan bahannya :

Bahan baku :
1.Tepung maizena curah, 400 gr
2.Lem fox 200 gr
3.Air dan minyak goreng secukupnya

Bahan penunjang :
1.Kertas karton
2.Pewarna makanan ( merk grave dll )

Alat kerja :
1.Pisau kecil, seruatn buah, cetakan kue, Plastik untuk alas mencetak, gunting dll

Langkah-langkah pembuatan Kerajinan tangan:

~ Campurkan Lem dan teung ke dalam wadah/toples kemudian tambahkan air dan minyak sedikit demi sedikit sambil diremas remas menggunakan tangan sampai adonan pulen

~ Ambil adonan sebesar ibu jari sebesar ibu jarikelingking bentuk bulat bulat sebanyak 400 buah dan keringkan.. sambil menunggu kering buat juga dengan bentuk model lainnya.. dan jangan lupa kasih warna yang menarik untuk model model hiasannya.setelah terkumul model nya satukan dengan lem fox pada bidang untuk hiasan dinding. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya jangan lakukan pengerimngan menggunakan oven.

Alangkah baiknya jika proses pengeringan dengan menggunakan panas matahari.
Untuk efektifnya pengeringan dilakukan selama 1 hari.. ( tergantung mendung/ panas )

Nah setelah kering benar artinya hiasan dinding sudah jadi.dan .bisa di koleksi sendiri maupun dijual untuk bisnis sampingan anda.

sumber:wongkauman.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }