Ajari Anak Untuk Jajan Yang Sehat

Diposting oleh Unknown on May 24, 2011


Jajanan di luar sana banyak sekali yang tak sehat kita ga pernah tau jajanan apa yang di jual di luar sana saat kita tak mengawasi anak kita tak pernah tau jajanan apa yang anak beli?, jadi tanggung jawab anda sebagai orang tua untuk mengajarkan pengetahuan pada anak anda tentang jajanan yang baik untuk di konsumsi, karena anak sering tergoda dengan jajanan dengan kemasan foto produk yang menarik dan bentuk rupa jajanan yang menarik, Membiasakan anak sebelum ke sekolah untuk sarapan pagi, dan beri bekal berupa jajanan yang enak, bergizi serta bervariasi setiap harinya sehingga tidak membosankan, simak tips berikut ini:

1. Amati warnanya, mencolok atau tidak

Amati apakah makanan tersebut berwarna mencolok atau jauh berbeda dari warna aslinya. Snack, kerupuk, mie, es krim yang berwarna terlalu mencolok ada kemungkinan telah ditambahi zat pewarna yang tidakaman.

2. Cicipi rasanya

Biasanya lidah cukup jeli untukmembedakan mana makanan yang aman atau tidak. Makanan yang tidak aman umumnya berasa tajam, misal sangat gurih, membuat lidah bergetar dan tenggorokan gatal.

3. Baui aromanya

Bau apek atau tengik pertanda makanan tersebut sudah rusak atau terkontaminasi oleh mikroorganisme.

4. Amati komposisinya

Bacalah dengan teliti adakah kandungan bahan-bahan makanan tambahan yang bahaya dan bisa merusak kesehatan

5. Perhatikan kualitasnya

Perhatikan kualitas makanan, apakah masih segar atau sudah berjamur yang bisa menyebabkan keracunan.

6. Terdaftar di BPOM

Bila hendak membeli makanan impor, ushakan produknya telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang bisa dicermati dalam tabel yang tertera dalam kemasannya.

{ 0 komentar ... read them below or add one }