Temuan Algoritma Untuk Terjemahkan Teks Kuno

Diposting oleh pulat on Mar 1, 2011





Program Komputer Terbaru - Para ilmuwan dari University of the Negev, Israel, mengklaim telah mengembangkan sebuah Program Komputer Terbaru yg bisa menguraikan arti teks naskah kuno.

Para ahli menilai kemampuan Program Komputer Terbaru ini bisa menuntun ke arah teknologi serupa mesin pencari Google khusus dokumen-dokumen bersejarah.
 
Program tersebut menggunakan pola pengenalan algoritma yg mirip dgn yg biasa dipakai para penegak hukum dalam mengidentifikasi dan membandingkan sidik jari.


Namun Untk keperluan penerjemahan, Program Komputer Terbaru ini dirancang Untk mengenali huruf, kata, bahkan gaya tulisan tangan pada dokumen yg disimpan dalam waktu lama.

Dgn mengenali pola seperti itu, komputer akan mencipta ulang pola tulisan pada naskah dgn akurat.

Semakin banyak teks yg dianalisa, maka program ini akan semakin pintar dan akurat dalam mengenali dan menterjemahkan teks, kata salah satu ilmuwan, Itay Bar-Yosef seperti dikutip dari Reuters.

Komputer kemudian bekerja dgn perangkat kopi naskah digital. Perangkat ini menentukan nilai setiap ukuran piksel tulisan berdasarkan gelap terang naskah. Kemudian, perangkat kopi digital akan memisahkan tulisan dari latar dan mengenali setiap garis, huruf, dan kata yg membentuk kalimat.

Meski tim perancang mengkhususkannya Untk mengenali naskah berbahasa Ibrani kuno, perangkat ini diklaim tak hanya bisa membaca bahasa tradisional Yahudi saja namun bisa juga digunakan Untk menganalisa bahasa lain.


Sumber: celebrity.okezone.com


Temukan Info Lain Seputar Gadget

{ 0 komentar ... read them below or add one }