Mengenal Masalah-masalah Dalam Bisnis Konsultan

Diposting oleh pulat on Mar 21, 2011





Bisnis konsultan merupakan pilihan yg menarik buat pribadi yg menyukai tantangan intelektual yg intens. Selain itu, bisnis ini juga mampu memberikan reward financial yg cukup menarik bagi mereka yg berhasil.

Apa sebenarnya yg dibutuhkan client dari sebuah perusahaan konsultan. Menurut Elaine Biech, ada banyak alasan yaitu sebagai berikut:

·        Expertise / Keahlian . Contoh: Kemampuan yg dibutuhkan untuk bertumbuh dan berubah tidak tersedia dalam suatu organisasi. Untuk itu organisasi tersebut berpaling pada konsultan untuk membereskan suatu proyek atau menyelesaikan masalah.

·        Keterbatasan waktu /Relief from time constraints. Contoh: Meskipun organisasi memiliki staff yg mampu, namun mereka tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan proyek tertentu.

·        Pengalaman / Experience. Contoh: Kurangnya pekerja dalam organisasi yg memiliki pengalaman yg cukup.

·        Fleksibilits / Staffing flexibility: bisnis Konsultan dapat di-hire untuk jangka pendek, dimana hubungan kerja dapat diputus tanpa pembayaran severance (putus kerja) atau kewajiban lainnya.

·        Opini pihak ketiga/ Objective outside opinions. Konsultan dapat memberi pendapat dari perspektif yg segar dan cenderung unbiased.

·        Ide baru / New Ideas. Konsultan dapat memberi jarak yg cukup jauh untuk melihat solusi baru.

·        Kecepatan dan Efisiensi. Konsultan dapat memberi solusi yg lebih cepat sehingga cost-effective.

·        Penilaian/Assessment: Konsultan dapat menyediakan assessment yg objektif, mendefinisikan suatu masalah dan memberikan rekomendasi.

·        Keputusan/Resolusi. Dalam hal merger dan akuisisi, konsultan dapat menjadi penengah yg independent untuk menyelesaikan perbedaan.

·        Kepatuhan / Compliance. Suatu organisasi memiliki keterbatasan untuk mengikuti ekspektasi hukum. Menyewa konsultan menunjukkan bahwa usahat telah dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Bisnis konsultan dibutuhkan ketika perekonomian naik maupun turun. Ketika naik, perusahaan cenderung ingin berekspansi dgn cepat. Ketika perekonomian turun, perusahaan perlu menemukan cara untuk bertindak lebih efektif dan efisien.


Sumber: tiaphari.com

Temukan Info Lain Seputar Bisnis Konsultan

{ 1 komentar ... read them below or add one }

tax consultant said...

Terimakasih mas share nya bagus banget.. Salam sukses.