Trik Memilih Apartemen Bernilai Tinggi

Diposting oleh Wikey on Jan 18, 2011



sewa apartemen

Fungsi apartemen dewasa ini tak lagi sebagai hunian nyaman yang berada di lokasi strategis dan memiliki privasi tinggi, namun juga memberikan nilai lebih bagi pemiliknya. Dengan mencermati berbagai keunggulan di dalam dan sekitar apartemen tersebut, pemiliknya akan dapat merintis investasi seperti sewa apartemen yang bisa saja menjadi pendapatan tetapnya.

Jika Anda termasuk salah seorang dari mereka, tentunya Anda akan memilih apartemen yang bernilai tinggi sebagai syarat utama investasi ini. Namun, memilih apartemen yang terbaik tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam arti, Anda perlu mencermati berbagai penawaran apartemen yang marak bermunculan belakangan ini.

Dari penelitian akhir-akhir ini, hanya sedikit lokasi apartemen yang benar-benar memberikan passive income cukup besar. Nah, agar Anda mendapatkan apartemen yang menghasilkan keuntungan investasi terbesar/Return on Investment (ROI), barangkali Anda dapat mencermati beberapa tips berikut:


1. Lokasi harus berada pada kelas nomor 1
Sama seperti pemilihan jenis properti lainnya, penentuan lokasi terbaik menjadi syarat utama memilih apartemen. Anda sebaiknya mencari lokasi yang berada di jalan kelas 1 (utama), karena tingkat kenaikan harga propertinya lebih tinggi bila dibanding dengan lokasi di jalan kelas 2 atau kelas 3.

2. Pilih lokasi
sewa apartemen di kawasan pusat bisnis
Dari pemilihan lokasi terbaik ini, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan akses terdekat dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perdagangan dan perkantoran, perbankan, sekolah, rumah sakit, pasar, hotel, terminal bussway serta sarana hiburan. Intinya, semakin dekat akses hunian Anda ke tempat-tempat ini maka potensi kenaikan harganya dan nilai investasi makin tinggi.

3. Perhatikan fasilitas
Berbagai fasilitas umum ini juga sebaiknya dilengkapi dengan tersedianya mal. Karena keberadaan mal penting untuk menjamin tersedianya semua kebutuhan kita sebagai pemilik maupun bagi penghuni apartemen nantinya. Dalam satu mal, kita tak perlu jauh-jauh jika ingin berbelanja, makan, berolahraga, mengunjungi sarana bermain anak hingga menonton film.

4. Apartemen dikelola oleh manajemen berpengalaman
Cari tahu dan cermati pihak pengelola apartemennya, apakah memiliki reputasi terbaik/tidak. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat jejaring yang dibangun oleh pihak tersebut. Pilih pengelola yang mempunyai jaringan internasional karena biasanya mereka mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi. Misalnya pengelola bisa mendatangkan ekspatriat ke apartemen kita, dan sebagainya.

5. Pilihlah apartemen minimal 2 kamar tidur
Ketika ekspatriat berencana untuk tinggal menetap di apartemen, kebanyakan dari mereka akan menggunakan minimal dua kamar tidur. Karena mereka biasanya akan membawa keluarga ataupun relasi. Jadi jika Anda dapat menyediakan dua kamar tidur ini, nilai apartemen Anda akan lebih tinggi untuk diinvestasikan daripada apartemen dengan satu kamar tidur.

6. Perhatikan status tanah
Lokasi nomor satu dan pengelola terbaik di bidangnya sudah Anda dapatkan? Jangan lupakan status tanah di apartemen tersebut. Karena jika Anda lengah, Anda bisa saja mendapati lahan apartemen sedang dalam sengketa atau merupakan sewa lahan. Oleh sebab itu, Anda bisa meminta bantuan notaris untuk memeriksa apakah lahan tersebut aman (tidak dalam sengketa) dan dalam status hak milik. (dari berbagai sumber)

{ 0 komentar ... read them below or add one }