Tips Sukses Bisnis Susu Kedelai

Diposting oleh pulat on Jan 25, 2011






Usaha Kecil – Melihat Prospek usaha pengolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yg terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yg dibutuhkan manusia. Kadar protein kedelai mencapai 35,6 % (berat kering), dan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %.  Kobutuhan protein yg
           
bersumber dari protein hewani sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dgn 157,14 gram. Susu kedelai merupakan minuman yg bergizi tinggi, minuman yg merupakan hasil ekstraksi dari kedelai ini terutama sekali karena kandungan proteinnya, disamping mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Susunan asam amino hampir sama dgn susu sapi.
                                     
Tingginya harga susu sapi merupakan peluang  usaha kecil dgn menjadikan susu kedelai menjadi barang substitusi (pengganti) susu sapi, karena harga Susu kedelai lebih murah daripada susu produk hewani sementara kandungan gizinya hamper sama. Faktor lain yg menjadikan usaha susu kedelai prospektif adalah mudah dalam pembuatanya. Dgn teknologi dan peralatan yg sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai.





Tips Keberhasilan Usaha Kecil Susu Kedelai

·        Keberhasilan usaha ini terletak pada bahan-baku yaitu kedelai dan teknik ekstraksi (pengolahan kedelai menjadi susu). Beberapa penelitian menunjukan bahwa
·        Ramuan harus tepat
·        Gunakan kain untuk menyaring susu kedelai, agar serat kedelai tidak lolos
·        penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dgn rasa yg lebih enak.

Tidak menentunya harga bahan baku membutuhkan kemampuan pengusaha dalam mengelola pengadaan dan persediaan bahan baku (kedelai). Namun demikian beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam rangka menghadapi situasi dimana harga bahan baku yg tinggi  adalah:

Jangan mengurangi kualitas
Konsumsi susu kedelai kebanyakan didasar kan pada manfaat susu kedelai itu, oleh karena itu jika kualitas dikurangi, misalnya mencampur bahan lain selain kedelai sebagai bahan baku, maka konsumen yg akan lari
Jangan menaikkan harga susu kedelai seenaknya
Beberapa konsumen susu kedelai biasanya adalah orang yg mengutamakan kesehatan, dan biasanya dari kalangan menengah ke atas, kenaikkan harga yg wajar, tanpa mengurangi kualitas bisa menjadi jalan keluar menghadapi konsumen semacam ini.

Jangan mengurangi volume pada kemasan
Jika harga menjadi pertimbangan utama maka solusi yg dapat ditempuh adalah dgn mengurangi volume susu kedelai di setiap kemasan. Atau mengganti kemasan dgn yg lebih rendah.


Memberitahukan permasalahan Anda ke konsumen
Komunikasikan permasalahan kenaikan bahan baku tersebut dgn konsumen

Sumber: www.sentrakukm.com

Temukan Info Lain Seputar Usaha Kecil

{ 1 komentar... read them below or add one }

villa kharista bali said...

benar..prlu pertahankan kualitas jika menjalankan bisnis susu kedelai..
semoga sukses