Tips Penyetrikaan Baju Batik

Diposting oleh pulat on Jan 4, 2011




Panduan Tepat untuk merawat baju batik, Baju Batik modern dan baju batik wanita Anda agar terlihat tetap cerah dan cantik.

1. Cuci baju batik Anda dgn shampo rambut.
Larutkan shampoo hingga tidak ada bagian yg mengental, celupkan.
Setelah itu, bilas hingga bersih dan keringkan dgn mengangin-anginkan saja.
Hindari kontak langsung dgn sinar matahari.

2. Jangan pernah menggosok dan jangan menggunakan deterjen saat mencuci baju batik, pun jangan memcuci baju batik modern Anda di mesin cuci. Jika baju batik Anda tidak terlalu kotor, bisa dicuci dgn air hangat.

3. Apabila baju batik wanita Anda terkena noda , bisa dibilas dgn sabun mandi. Akan tetapi bila noda membandel, dapat dihilangkan dgn kulit jeruk hanya pada bagian yg terkena noda.

4. Jangan Lakukan penyetrikaan secara langsung, jika terlalu kusut semprotkan air di atas baju batik Anda lalu lapisi batik Anda dgn kain lainnya. Hal ini untuk menghindari baju batik modern Anda terkena panas langsung dari setrikaan.

5. Apabila Anda ingin memberi pewangi dan pelembut kain pada baju batik wanita atau baju batik modern Anda, jangan semprotkan langsung pada kainnya. Sebelumnya, tutupi dulu kain dgn koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut lain. Sebaiknya, jangan menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain atau pakaian berbahan batik sutera berpewarna alami.

6. Setelah disetrika, sebaiknya baju batik disimpan dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Jangan meletakkan kapur barus, karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak baju batik modern Anda. Ada baiknya Anda beri merica atau lada yg dibungkus dgn tissue dan dimasukkan dalam lemari pakaian untuk mengusir ngengat.


Sumber: www.batik-clothing.com
Temukan Info Lain Seputar Baju Batik 

{ 0 komentar ... read them below or add one }