Tips Mencari Peluang Usaha Kecil

Diposting oleh Ade Winahyu on Jan 21, 2011



Ada banyak cara dan trik untuk meraih penghasilan sampingan salah satunya dengan melihat peluang usaha yang ada di lingkungan terdekat, berikut ini ada beberapa tips untuk anda agar usaha sampingan yang anda jalankan dapat sukses:
  1. mulailah dari hobi. Usaha kecil yang sukses selalu membutuhkan kerja keras dan disiplin dalam menjalankannya. Di atas itu semua butuh kesenangan yang besar untuk tetap menjalankan usaha kecil yang sedang dipilih. Memulai usaha kecil yang berasal dari hobi pribadi memberikan keuntungan lebih karena akan lebih menyenangkan, mudah, dan lebih paham akan proses bisnis dan produksi di dalamnya.
  2. lakukanlah penelitian kecil-kecilan. Karena ini adalah usaha kecil, yang kemungkinan besar dimulai dengan modal minim, lakukanlah penelitian di lingkungan terdekat. Keluarga, kerabat, dan teman bisa menjadi tempat penelitian yang akurat. Lakukanlah penelitian kecil-kecilan terhadap produk yang diusung. Mintalah orang terdekat untuk mencobanya. Bagaimana reaksinya? Apa saja yang harus diperbaiki? Dengan melakukan penelitian kecil-kecilan, sedikit banyak prospek peluang bisnis di masa yang akan datang akan terbaca.
  3. Mulailah dari pasar yang kecil. Jika slaka bisnis yang dijalankan kecil, mulailah dengan melayani pasar yang kecil. Pasar produk usaha kecil bisa terdiri dari keluarga, kerabat, ataupun teman dekat. Layani pasar ini sebaik mungkin. Ketika mereka terpuaskan, pasar akan membesar dengan sendirinya. Mulailah bidik pasar yang lebih luas lagi ketika modal, produk, dan pelayanan semakin meningkat.
  4. Susunlah rencana. Tidak ada bisnis yang bisa berjalan baik tanpa perencanaan yang baik. Sebagai permulaan, tidak perlu membuat rencana yang terlalu rumit. Buat saja perencanaan sederhana terdiri atas komponen modal, produk, dan bagaimana cara memasarkan produk. Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang. Jangan lupa untuk menentukkan tenggat waktu agar merasa terdesak melaksanakan rencana-rencana yang sudah dibuat.
  5. Mulailah berbisnis. Mulailah jalankan rencana usaha kecil yang sudah dibuat. Semakin cepat semakin baik. Lakukan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Lakukanlah penyesuaian kemudian dengan melihat hal-hal yang terjadi di lapangan.
kesuksesan tidak datang secepat kilat tapi kesuksesan akan dapat anda raih dengan perjuangan dan kerja keras oleh karena itu anda harus memiliki kesabaran dan ke uletan dalam menjalani usaha anda demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... read them below or add one }