Tips Jitu Beli Tiket Pesawat Untuk Perjalanan

Diposting oleh Unknown on Jan 6, 2011


Beli tiket pesawat kini sudah modern bisa langsung bisa juga dengan E-Ticket semua bisa anda pesan kapan saja tak perlu bingung, anda juga bisa memesan tiket pesawat melalui agen tiket jadi tak sulit bukan !.... berikut ini ada beberapa tips untuk anda dalam membeli tiket pesawat:

  • Belilah tiket jauh-jauh hari sebelum anda melakukan perjalanan. Membeli tiket dengan mendadak biasanya sulit untuk mendapat tiket yang murah karena sudah terjual lebih dulu, anda hanya kebagian tiket dengan harga lebih mahal. Beberapa maskapai penerbangan biasanya menjual tiket promo untuk tanggal keberangkatan satu atau dua bulan yang akan datang.
  • Hindari membeli tiket pada saat high seasons (musim liburan) seperti libur sekolah, libur hari raya, libur akhir tahun, atau long weekend. Selain harga tiket lebih mahal mencari seat juga sulit.
  • Cobalah cari alternatif jam dan atau hari keberangakatan yang berbeda. Tarif penerbangan malam hari atau dini hari biasanya lebih murah dibanding pagi atau siang hari, demikian juga penerbangan pada hari-hari biasa dibanding pada akhir atau awal pekan.
  • Periksalah jika persinggahan atau transit mengurangi harga. Biasanya harga tiket penerbangan langsung lebih mahal. Jika perbedaannya cukup signifikan, tidak ada salahnya mencoba.
  • Jika Anda sering terbang, bergabunglah jadi anggota program diskon yang biasa ditawarkan maskpai penerbangan. Sejumlah maskapai penerbangan menawarkan diskon besar bahkan tiket ekstra serta sejumlah fasilitas lain seperti up grade kelas dari kelas ekonomi ke kelas bisnis jika Anda sudah terbang sekian kali atau telah mencapai miles atau jarak tertentu dengan maskapai yang sama. Semakin sering Anda bepergian, semakin besar peluang Anda untuk mendapat diskon, bahkan bepergian secara gratis.
  • Setelah anda mendapat harga yang sesuai, lakukan booking (pesan) tiket dengan memberikan nama yang sesuai dengan KTP/SIM/Paspor, tujuan, dan tanggal keberangkatan anda. Hati-hati... nama yang tertera pada tiket harus sama dengan yang ada di KTP/SIM/Paspor anda, jika tidak anda bisa gagal berangkat.;
  • Periksa kembali data-data anda dengan benar sebelum melakukan pembayaran. Biasanya anda diberikan batas waktu pembayaran beberapa jam setelah anda booking. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan atau anda akan kehilangan seat yang telah anda pesan karena sudah terjual kepada orang lain dan anda harus memesan kembali dengan harga lebih mahal.
  • Jangan bingung jika tiket yang anda dapatkan hanya berupa selembar kertas yang berisi print komputer (bukan tiket buku). Sekarang ini maskapai penerbangan memberlakukan E-Ticket yaitu tiket yang berada di system komputer masing2 airline dan penumpang diberikan selembar kertas yang berisi kode booking, nama anda, tujuan, waktu keberangkatan, dan kelas tiket anda. Bahkan jika anda memesan tiket dari tempat yang jauh, travel agent dapat mengirimkan tiket anda melalui e-mail dan anda dapat mencetak tiket anda di komputer anda di rumah. Yang penting kode booking yang tertera sama dengan yang ada di system komputer airline dan anda pun siap berangkat.
  • Datanglah ke Bandara 2 jam sebelum waktu keberangkatan anda. Tunjukan tiket anda tersebut pada petugas bandara dan pada petugas di meja check-in dengan menunjukan kartu identitas anda.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda.

Info terkait: agen travel

{ 0 komentar ... read them below or add one }