Tips Dan Trik Memilih Kursus Komputer

Diposting oleh pulat on Jan 11, 2011




Kursus komputer merupakan bagian dari proses pendidikan luar sekolah yang tergolong pendidikan ketrampilan. Pendidikan yang diberikan dalam kursus ini, berhubungan dengan aktivitas yang berkaitan dengan komputer. Baik itu terkait dengan kegiatan dasar komputer, bahasa program maupun yang terkait dengan masalah teknis seperti reparasi komputer.

Sekitar akhir tahun 90-an, kursus komputer demikian banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini terkait dengan kondisi bahwa tekhnologi komputer merupakan hal baru yang dianggap canggih. Selain itu, bagi para pencari kerja, memiliki sertifikat ketrampilan komputer akan memberikan nilai tambah dalam proses seleksi kerja.

Pada tahun-tahun tersebut, jenis kursus komputer yang diminati masih terbatas pada jenis pengenalan dasar komputer. Beberapa program dasar yang menjadi materi ajar seperti pengenalan program Words, Excel atau juga Power point dan ditambah dengan pengetahuan internet. Hal ini terkait bahwa program-program komputer tersebut merupakan program yang paling banyak digunakan dalam aplikasi sehari-hari.

Namun seiring perkembangan teknologi komputer, materi yang diajarkan dalam kursus komputer pun mengalami pergeseran. Pada saat ini, beberapa materi yang menjadi favorit masyarakat adalah jenis materi yang terkait dengan program spesialisasi. Seperti materi desain grafis atau juga pengolahan data dan juga materi tentang akuntansi.


Tips Dan Trik Memilih Kursus Komputer

Dengan makin banyaknya lembaga yang menawarkan jasa kursus komputer, hal ini tentu memberikan banyak pilihan. Selain itu, persaingan antar lembaga kursus tersebut, tentu akan membawa konsekuensi pada makin murahnya harga untuk jasa pendidikan pada konsumen tersebut. Tentu ini akan menguntungkan konsumen.

Namun demikian, kita tidak boleh sembarangan memilih sebuah lembaga kursus komputer. Hal ini terkait agar ketrampilan yang didapatkan bisa dicapai dengan maksimal dan memiliki manfaat bagi diri kita. Beberapa tips memilih kursus komputer di antaranya adalah :

1. Tentukan jenis ketrampilan yang ingin kita kembangkan. Apakah kita hendak menambah ketrampilan di bidang desain grafis atau pada masalah pengolahan data statistik.

2. Gali informasi tentang beberapa lembaga kursus komputer yang menawarkan jasa pendidikan. Jangan mudah tergoda oleh penawaran dengan harga murah. Yang paling utama adalah fasilitas apa saja yang bisa didapatkan, serta latar belakang para pengajar. Hal ini mempengaruhi kualitas pendidikan sebuah kursus komputer.
 
3. Tanyakan pada lembaga kursus tersebut, apakah memiliki afiliasi dengan perusahaan untuk menyalurkan lulusan dari lembaga kursus tersebut. Sebuah lembaga yang bonafid akan mampu memberikan kemudahan pada lulusannya agar mudah memanfaatkan ketrampilan di dunia kerja selepas mengikuti kursus.

Sumber: gudangtips.com
Temukan Info Lain Seputar Kursus Komputer 

{ 0 komentar ... read them below or add one }