Semen Hasil Garapan Arsitek Italia

Diposting oleh malamjumat on Jan 13, 2011


Rumornya seorang arsitek dari italia yang bernama Giampaolo Imbrighi menemukan suatu ide dan gagasan yang unik yaitu menciptakan semen yang transparan dan sangat ramah dengan lingkungan. Berikut kutipan dari viva news :

“ Giampaolo Imbrighi, seorang arsitek asal Italia berhasil menciptakan tipe semen yang inovatif. Bukannya memblokir cahaya, i.light, nama semen buatannya itu, mampu meloloskan cahaya dari luar agar masuk ke gedung.

Didesain agar ramah lingkungan, semen ini mampu mengurangi kebutuhan cahaya buatan di dalam ruangan. Dari jauh, semen tampak seperti membentuk dinding biasa. Akan tetapi, dari dekat, ternyata terlihat bahwa dinding itu terdiri dari slot-slot persegi panjang berukuran 2 sampai 3 milimeter yang dipenuhi oleh getah berbagai warna.

Slot-slot inilah yang memungkinkan cahaya menembus dan membuat semen itu menjadi transparan sekitar 20 persen. Akhirnya, seperti dikutip dari Unthinkable, 12 Januari 2011, seluruh bagian dinding yang menggunakan semen itu menjadi seperti jendela.

Diciptakan oleh arsitek Italia dan diproduksi oleh para peneliti di kelompok Italcementi, bahan ciptaan Imbrighi itu pertama kali diperlihatkan pada publik pada Shanghai World Expo dan digunakan untuk membangun "Pavilion Italia."

Sekitar 40 persen dari bangunan setinggi 18 meter itu menggunakan material buatan Imbrighi. Secara total, 3.774 panel dan 189 ton produk semen transparan itu digunakan. Saat ini semen itu sedang dalam proses pendaftaran paten. Belum diketahui apakah semen yang bersangkutan akan tersedia secara global ”.

Semoga ada penemuan – penemuan penting lagi yang dapat membuat keadaan bumi semakin sehat dan ramah, kita ramah terhadap bumi maka bumi akan ramah juga terhadap kita dan terhindar dari segala jenis bencana alam. erick

{ 0 komentar ... read them below or add one }