Praktis Mendesain Rumah

Diposting oleh pulat on Jan 5, 2011




Tips praktis mendesain rumah minimalis. Berbagai tip model desain Rumah Minimalis modern, etnik, atau tropis, sebagai sumber inspirasi

Bagi Anda di pelbagai pelosok Tanah Air, dan mencoba mendesain rumah sendiri, semoga tip kali ini dapat membantu.Tip  ini bicara tentang tiga prinsip dasar dari sekian banyak prinsip dalam desain arsitektur: garis, tekstur dan pencahayaan.

Pertama: adalah garis. Ada dua bentuk garis yaitu vertikal dan horisontal. Secara Ekstrim, desain rumah dapat menggunakan salah satu sebagai corak dasar desain rumah. Artinya, ada bangunan dgn corak horisontal yg kuat. Ada juga bangunan dgn corak vertikal yg kuat. Perhatikan.




Rumah dgn corak horisontal memberi kesan lembut, bersih dan menciptakan atmosfir yg tenang. Sementara rumah dgn garis vertikal menimbulkan kesan solid dan formal.

Selain vertikal dan horisontal, tentu ada jenis garis yg lain seperti miring, atau lengkungan. Tetapi intinya, Anda harus dapat membuat salah satu garis sebagai tema rumah secara  konsisten berirama dan harmonis. Memadukan garis vertikal dan horisontal bagi Anda yg awam arsitektur akan sangat beresiko. Karena itu saran saya, sebaiknya Anda memilih dominasi vertikal atau horisontal pada rumah Anda sendiri.




kedua adalah tekstur. Tekstur dapat bersifat fisik. Yaitu tekstur material bangunan yg dipakai. Seperti kasar, halus, bergelombang dan sebagainya. Tetapi tekstur dapat juga bersifat visual. Yaitu kesan yg didapat dari pengulangan bentuk-bentuk garis dan warna. Yg terutama perlu diperhatikan dalam mendesain rumah adalah tekstur visual. Penataan batu alam,batu bata, atau almunium yg harmonis akan membuat rumah Anda berkarakter. Pada contoh dibawah ini saya menunjukkan tekstur visual yg diperoleh dari scondary skin yg terbuat dari almunium (Lihat Tip 62 tentang secondary skin). Tekstur fisik almunium yg halus menimbulkan tekstur visual yg berbeda karena desain komposisi. Bila almunium itu difinishing dalam gradasi warna, efek visualnya pasti akan lebih kuat.

Pada gambar-gambar sebelumnya apakah Anda dapat melihat tekstur visual baik pada rumah vertikal maupun horisontal?

Ketiga adalah pemanfaatan cahaya matahari sebagai ornamen rumah. Prinsip dasar dari desain rumah yg baik adalah, sinar matahari dapat masuk kesemua ruang di dalam rumah. Lebih lanjut, sinar matahari dapat menjadi sumber desain rumah yg baik. Pada contoh berikut saya memperlihatkan bagaimana, sinar matahari dapat menciptakan ornamen arsitektur  yg eksotik. Bagi mengurangi tajamnya sinar matahari, Anda dapat memanfaatkan filter kaca atau polikarbonat.

Semua, masih ada prinsip-prinsip praktis dalam desain rumah minimalis. Sementara, cobalah menerapkan ke-3 prinsip itu dalah rumah yg sedang Anda desain.Terimakasih bagi Mas Iwan, mbak Dian, dan semua pembaca lainnya, yg ungkapan tulusnya menambah semangat kami.

Sumber: annahape.com

Temukan Info Lain Seputar Rumah Minimalis 

{ 0 komentar ... read them below or add one }