Peluang Usaha - Cara Buka Usaha Bengkel Motor Atau Mobil

Diposting oleh Unknown on Jan 19, 2011


Membuka usaha bengkel biasanya memerlukan tempat dan lokasi yang strategis dan dan butuh tempat yang luas untuk menampung kendaraan yang akan anda service, peluang usaha ini memang cukup menguntungkan bila anda kelola dengan baik dan di butuhkan kelengkapan dalam bengkel yang anda kelola.

Untuk membuka usaha bengkel mobil dan atau motor ini juga dibutuhkan atau diperlukan beberapa orang mekanik yang handal dan berpengalaman serta yang mengerti sekali berbagai jenis mesin kendaraan. Apabila perlu sekolahkan beberapa orang mekanik saja untuk mengenal mesin lebih jauh. Jika belum mampu memberi gaji yang cukup banyak, Anda bisa mengajak seorang mekanik senior untuk jadi rekanan Anda dengan sistem bagi hasil. Karena selain berfungsi sebagai tenaga handal, ia juga bisa menularkan ilmunya pada mekanik junior lain yang Anda rekrut.

Persiapkan berbagai macam alat penunjang bengkel dan spare part yang biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Buatlah papan nama yang membuat orang bisa mengetahui keberadaan bengkel Anda sebagai sarana promosi. Selain itu perlu juga sebar brosur di komunitas penggemar otomotif. Apalagi jika Anda mempunyai seorang mekanik yang ahli yang bisa memodifikasi kendaraan, ini bisa menjadi nilai tambah bagi bengkel Anda.

Persiapan

Dasar utama yang diperlukan apabila Anda berminat untuk membuka usaha bengkel mobil atau motor adalah kemampuan mengenali masalah yang dihadapi mesin kendaraan. Semakin paham Anda dengan mesin kendaraan dan semakin bagus hasil servis yang Anda kerjakan serta ditunjang dengan layanan yang baik, semakin Anda dicari orang. Apalagi jika kemampuan Anda mengubah dan memodifikasi kendaraan dapat menjadi nilai tambah, ini akan bisa meningkatkan daya saing bengkel Anda.

Perkiraan Pendapatan

Kemampuan ini hanya Anda sendiri yang bisa menghargai berapa harga jasa yang perlu dibayarkan oleh pelanggan Anda. Namun biasanya untuk servis ringan biayanya berkisar puluhan ribu rupiah untuk kendaraan motor dan ratusan ribu rupiah untuk kendaraan mobil. Untuk jasa lain seperti modifikasi kendaraan, biayanya sudah tentu lebih mahal. Anda Juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dari hasil penjualan spare part yang ada di bengkel milik Anda.

Tingkat Kesulitan

Peluang bisnis sampingan membuka usaha bengkel dan atau motor ini tingkat kesulitannya tergolong tinggi, butuh keahlian yang tidak sembarangan orang bisa menekuninya. Disamping itu membuka usaha ini sangat memerlukan biaya yang cukup besar, tidak sembarangan orang bisa membuka usaha ini bila tidak memiliki dana yang cukup.

{ 7 komentar ... read them below or add one }

Anonymous said...

peluang usaha buka bengkel saat ini memang menjajikan di karenakan bertambahnya kendaraan di indonesia & saat ini kendaraan terutama mobil yang berkisaran di atas tahun 2000 rata2 sudah menggunakan mesin injection & tidak boleh asal service karena itu disini kami team AUTOMEGA mencoba menawarkan alat tune-up berupa scanner dengan merk LAUNCH X431 DIAGUN karena dengan alat ini pekerjaan tune-up lebih detail & mudah,,jika anda ingin lebih tahu & bertanya tentang alat ini kunjungin saja website kami di:www.automega.web.id & www.alatcucimobil.com & no telpn:(kantor:021-80870604)

JILANCOM said...

Kami membuat/jual Software Manajemen Bengkel untuk bengkel mobil dan motor dengan harga terjangkau. Informasi lengkap klik www.jilancom.co.cc

Terima kasih.

swalayan motor said...

Mau buka Toko spare part & aksesoris Motor mulai dari 15 juta
Toko Plus Bengkel Motor (termasuk Peralatan Bengkel) cuma 20 juta
Spare part, Aksesoris lengkap Plus Ban dan Oli
Harga Bersaing Plus Bonus Jutaan rupiah ..
Diberikan Bimbingan dan Konsultasi usaha Gratis ..
CV. Swalayan Motor
Plaza Taman Niaga Blok F3A, kota BSB, Semarang
Telp: 024-76631162, 08179904068

www.gp1-racing.com

warung oli said...

setiap mobil membutuhkan pelumas mesin yang sesuai dengan spek..kami warung oli selaku distributor beberapa merk oli (shell, castrol, mobil1, mobil super 2000, TGMO, dll) dapat menyuplai kebutuhan pelumas untuk toko, dan bengkel mobil..telpon : 085692118676 (alamat : jalan syamsurizal no.2 menteng jakarta pusat) email : warungoli@yahoo.com

Ninego Motor Part said...

kami menawrkan spare part motor berkualitas untuk bengkel dan toko spare part motor anda. Minimum pembelian sangat murah, hanya Rp 500.000 sudah dapat harga pabrik dan diskon hingga 15%.
Silahkan kunjungi
http://ninegomotorpart.weebly.com

tomo said...

Alternatif lain untuk yang masih awam dan butuh bantuan untuk menjalankan bisnis bengkel, franchise bengkel motor Mr.Montir dapat menjadi pilihan yang menarik.

tomo said...

alternatif lain untuk calon pengusaha yang ingin menjalankan bisnis bengkel motor namun masih awam adalah dengan membangun franchise bengkel motor Mr.Montir.

http://www.mrmontir.com