Orientasi Dalam Bisnis Waralaba

Diposting oleh pulat on Jan 12, 2011





Bisnis Waralaba, Jika Anda memiliki sedikit dana lebih, tidak ada salahnya mencoba membangun usaha sampingan bisnis waralaba (franchise).

Untuk para pemula yg ingin terjun menekuni bisnis, baik sebagai usaha sampingan ataupun berniat wirausaha murni, waralaba suatu pilihan yg menarik. Mengapa demikian? Karena dalam bisnis waralaba, panduan serta sistem bisnisnya sudah ada dan jelas sehingga pebisnis tidak perlu lagi merancang atau membuat sistem baru yg belum terbuki keberhasilannya.

Walaupun tidak menutup kemungkinan dalam bisnis ini pun pebisnis dapat membuat beberapa modifikasi untuk kemajuan usahanya. Berbisnis waralaba memang terdengar sangat menyenangkan dan mudah. Namun jangan salah, sama seperti bisnis lainnya, siapa pun yg terjun ke dalam bisnis ini harus mempunyai komitmen penuh untuk merencanakan dan menerapkan sistem manajemen yg benar dan terarah. Karena pada prinsipnya setiap prinsip membutuhkan kerja keras, tak terkecuali bisnis waralaba.



Dalam memilih waralaba mana yg akan Anda ambil, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Anda harus dapat mengumpulkan dan mengidentifikasi sebanyak mungkin informasi mengenai pewaralaba dan pengalaman bisnisnya. Misalnya, kondisi keuangan, riwayat hidup pemilik waralaba, dan proses perjalanan usahanya.
  • Anda harus betul-betul paham dgn agreement atau kontrak waralaba tersebut. Jangan sampai isi kontrak tersebut merugikan Anda di kemudian hari.
  • Anda harus dapat menganalisis lokasi dan biaya dari waralab tersebut. Mengapa? Karena lokasi akan berperan penting untuk berhubungan dgn pelanggan.
  • Anda juga harus memperhatikan pasokan bahan baku dan sejenisnya. Karena hal ini akan menjadi sangat vital. Jika pewaralaba tidak profesional dalam mendistribusikannya, maka hal ini akan berimbas pada layanan kepada pelanggan.

Jika Anda memang telah memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis waralaba, ada beberapa hal yg harus diperhatikan untuk kesuksesan usaha waralaba Anda.

·              Pilihlah jenis waralaba yg sesuai dgn keinginan dan minat Anda dan prospek bisnis waralaba tersebut.

·              Canangkan tujuan ber bisnis waralaba dan Sesuaikan pula tujuan tersebut dgn kebijakan jangka pendek yg Anda ambil.

·              Gali informasi sebanyak-banyaknya dari pewaralaba pada setiap kesempatan, naik pelatihan maupun pertemuan.

·              Kerjakanlah segala sesuatunya dgn efisien.

·              Binalah hubungan baik dan pertahankan kontak yg intensif dgn pihak yg terlebih dahulu sukses di bidang ini.

·              Selalu jujur dan pertahankan reputasi Anda.

·              Galilah terus potensi dan kreativitas Anda.

·              Berorientasi pada konsumen dalam arti fokus pada kepuasan konsumen.

·              Tetaplah bersemangat dan terus mengembangkan diri untuk mencapai tujuan hidup.

Disamping itu, ada beberapa hal juga yg harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi yakni kepadatan penduduk, penghasilan penduduknya, jumlah usaha, tempat, dan traffic.

Sumber: economy.okezone.com
Temukan Info Lain Seputar Peluang Usaha

{ 0 komentar ... read them below or add one }