Modal Operasional Untuk Usaha Camilan Stik Talas

Diposting oleh pulat on Jan 20, 2011








Usaha – Pada Umumnya Umbi talas (Colocasia esculenta) atau nama jawanya lebih dikenal dgn sebutan Entik ini, dapat dinikmati dgn cara direbus atau digoreng. Namun, sesungguhnya kegunaan talas tidak hanya sebatas itu. Tumbuhan talas ternyata memiliki berbagai khasiat obat. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, umbi talas memiliki efek farmakologis anti pembengkakan (antiswelling). Kandungan kimia yg ada dalam tumbuhan ini adalah zat besi, kalsium, garam fosfat, protein, vitamin A dan B. Bagian yg bisa dipakai adalah daun, umbi, dan seluruh bagian  tumbuhan. Talas juga berfungsi mengatasi diare.


Di Indonesia tanaman talas bisa dijumpai paling banyak di Bogor, Malang, dan Bali walaupun talas bisa dijumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan di atas 1000 m diatas permukaan laut, baik liar maupun di tanam.

Biasanya talas menyebabkan gatal ketika kita memakannya. Untuk mengatasinya, cuci talas sebelum dikupas. Apabila talas dicuci setelah dikupas, maka lendir akan keluar dan menimbulkan gatal.

Pelbagai uraian diatas, dapat kita lihat begitu banyak manfaat dari umbi talas tersebut. Hal itulah yg dapat kita jadikan peluang usaha untuk dapat membuat olahan talas yg memiliki nilai jual lebih. Seperti memulai dgn berUsaha camilan stik talas, dgn bentuk yg panjang dan pipih, dan ketika dikunyah berbunyi “kress” ini, sangat menggugah selera bagi sebagian masyarakat yg memiliki hoby menikmati camilan. Camilan jenis stik ini layak untuk diperhitungkan, tampilan yg menarik berbentuk kotak kecil memanjang dan biasanya stik talas ini berwarna kuning. Camilan stik talas ini biasa kita jumpai dalam kemasan plastik.

Modal yang Dibutuhkan

Modal Tetap

   1. Mesin sealer (perekat plastik)
   2. Tas motor (untuk membawa produk di motor)

Modal Operasional

   1. Plastik 0,5 Ons
   2. Platik ukuran 2 kg
   3. Kertas label

Potensi Pasar

Binis camilan berbentuk stik ini memang sudah banyak pemainnya, namun celah pasar masih terbuka lebar. Kunci sukses Usaha ini ada pada rasa dan kemasan. Jika Anda berhasil mengolah lebih variatif baik rasa ataupun kemasan, maka dapat dipastikan bahwa usaha Anda akan segera menuai keuntungan. Untuk penjualannya, ada banyak cara yg dapat dilakukan, mulai dari toko oleh-oleh (kemasan 500 gr-1000 gr), swalayan, toko kelontong, maupun kantin sekolah (kemasan 100 gr-300gr).

Keunggulan Camilan Stik

  • Target pasar yg dituju adalah anak-anak. Anda perlu tahu, pasar anak-anak tidak pernah mengalami penurunan asalkan Anda pintar mempertahankan kualitas.
  • Tidak memerlukan strategi khusus. Pada masa-masa awal merintis usaha ini, siapkan mental baja untuk menawarkan dagangan dari satu toko ke toko lain.
  • Modal di luar dagangan cukup sepeda motor milik sendiri dan tas kanvas untuk membawa dagangan.
  • Tak perlu repot untk membuat camilan stik sendiri. Cari supplier bahan jadi di toko grosir  camilan, Anda tinggal mengemasnya kembali.


Sumber: Usahaukm.com
Temukan Info Lain Seputar Usaha

{ 0 komentar ... read them below or add one }