Memulai Usaha Di Era Pasar Terbuka

Diposting oleh pulat on Jan 21, 2011








Wirausaha - Memulai usaha baru memang bukanlah perkara yg mudah, berbagai tantangan dan persaingan pasar turut mewarnai perkembangan sebuah usaha. Dalam menjalankan bisnis, adanya persaingan pasar memang bukan hal yg baru. Baik usaha yg memang memiliki peluang pasar cukup bagus, atau pun peluang usaha yg pasarnya tidak terlalu bagus. Bagus tidaknya peluang usaha disini tentunya kita ukur dgn tingginya permintaan pasar.

Oleh karena itu, maraknya pertumbuhan wirausaha saat ini, ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yg semakin ketat. Keadaan ini tentu saja memaksa para pengusaha dan wirausaha untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran mereka.

Berikut tips yg dapat Anda gunakan, untuk memenangkan pasar.

·              Amati pasar dan kenali pesaing Anda. Dalam menghadapi persaingan, terlebih dulu lihatlah potensi pasar yg ada. Serta cari tau siapa pesaing yg kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Dgn mengetahui siapa pesaing Anda, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara menghadapinya.

·              Ciptakan produk yg berbeda. Dgn menciptakan produk yg unik dan belum ada dipasaran, maka produk Anda memiliki nilai lebih dimata konsumen. Produk yg unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk Anda, dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yg ada dipasaran.

·              Tampilkan keunggulan produk Anda. Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk Anda, misalnya dgn cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima yg selama ini Anda tawarkan kepada konsumen. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda, akan semakin meningkat.

·              Amati dan pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing. Dgn cara ini Anda bisa mengetahui kelebihan apa yg dimiliki pesaing Anda, dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yg tidak diciptakan pesaing Anda, atau berikan pelayanan yg tidak disediakan oleh pesaing Anda. Sebab dgn menawarkan apa yg tidak dimiliki pesaing, maka peluang Anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.

·              Tawarkan harga yg bersaing. Memberikan harga yg bersaing, bukan berarti Anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Strategi ini bisa Anda lakukan dgn cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing Anda menjual produk dgn harga yg lebih murah, maka untuk menghadapinya Anda bisa menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”. Jadi harga produk Anda masih bisa bersaing, tanpa harus menurunkan harga dgn drastis.

·              Adakan event untuk mempromosikan produk Anda. Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha, karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Lihat saja event diskon besar-besaran sepatu dan sandal merek crocs, yg tahun 2010 ini berhasil membuat salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta penuh antrian konsumen.

Semoga beberapa tips diatas, dapat membantu menghadapi persaingan pasar yg selama ini menjadi problem wirasusaha anda

Sumber: bisnisukm.com

Temukan Info Lain Seputar Wirausaha

{ 0 komentar ... read them below or add one }