Memilih Lem Untuk Wallpaper Dinding

Diposting oleh pulat on Jan 26, 2011









Desain Interior - Bosan dgn desain interior rumah yg itu-itu saja? Ingin nuansa baru yg lebih menyegarkan? Itu artinya, sudah saatnya Anda melakukan make over. Bicara soal make over desain interior, jangan hanya terpaku pada perubahan besar. Make over kecil-kecilan seperti memasang wallpaper, sah-sah saja, kok!

Dinding Harus Sehat
Sebelum memilih wallpaper, ukur dulu seberapa luas dinding yg akan dipakai sedetail mungkin, karena akan menentukan berapa banyak wallpaper yg dibutuhkan. Lalu, pastikan kondisi dinding layak pasang wallpaper. Jika dinding kotor, kasar, atau lembap, wallpaper tak akan terpasang sempurna. Jadi, lap dinding terlebih dahulu hingga bersih dari debu.





Ukur Dgn Akurat
Untuk menghindari kesalahan, ada baiknya tandai area dinding yg akan dipasangi wallpaper. Garis ini berguna sebagai petunjuk saat membuka gulungan wallpaper di dinding. Sisakan 3 cm pada ujung wallpaper dan 2 cm pada sisi kiri dan kanan. Setelahnya, potong sisa wallpaper tadi dgn cutter dan gunakan bantuan penggaris agar hasilnya rapi.

Menghitung Berapa Gulung Wallpaper Yg Dibutuhkan
Mudah saja. Misalnya untuk ruang tamu ukuran 4 X 5 m. Jika wallpaper yg dipakai berpola dgn pengulangan pola (repeat) per 60 cm dan 1 gulung (rol) kecil berukuran 10 m X 53 cm, “Maka yg dibutuhkan kira-kira sebanyak 10-12 gulung (rol) kecil,” jelas Lynda Octina, Gallery Supervisor dari Goodrich Gallery.

Semakin besar jarak repeat, semakin banyak sisanya. Lain halnya jika menggunakan wallpaper tanpa repeat, yg dibutuhkan jadi sekitar 9 rol. Intinya, lanjut Lynda, pintu dan jendela harus tetap dimasukkan ke dalam luas ruangan, ketika memasang wallpaper.

Trik Lem
Ada wallpaper yg pre-pasted, artinya sudah dilem. Jadi ketika dipasang, tinggal dibasahi menggunakan spons yg sudah direndam air .

Sebaliknya, jika tidak pre-pasted, gunakan lem khusus wallpaper yg harus dioleskan terlebih dahulu pada wallpaper dgn spatula. Banyak metode yg bisa dilakukan untuk merekatkan wallpaper pada tembok. Seperti, “Direndam dgn lem seharian atau temboknya yg dilem,” ujar Lynda.

Pasang Wallpaper
Trik memasang wallpaper lain lagi. Ketika memasang wallpaper, gulung ke arah depan sehingga bagian yg dilem akan saling bersentuhan. Selanjutnya, Anda tinggal memasangnya di dinding. Lakukan pelan-pelan agar wallpaper yg dipasang tidak bergelembung.

Bagaimana jika ingin mengganti wallpaper yg sudah ada? “Jika masih ada bagian yg melekat, basahi saja dgn spons yg lembap. Pastikan dinding halus kembali dan layak dipasangi wallpaper.”

Jadi, tak masalah jika ingin warna yg berbeda, asalkan dinetralkan dgn konsep general tadi. Misalnya, untuk aksen dipilih warna jingga, netralkan dgn wallpaper bermotif bunga krem dipadu jingga.

Sudah siap make over dgn wallpaper? Layak dicoba! Pasalnya, wallpaper bukan tempelan belaka, ia justru memberi warna baru untuk rumah kesaygan Anda.

Sumber: www.tabloidnova.com
Temukan Info Lain seputar Desain Interior

{ 2 komentar... read them below or add one }

muara wallpaper said...

wallpaper memang keren, penampilan ruangan jadi lebih hidup.so, jgn ragu utk pasang wallpaper.Wallpaper dinding

waspbook said...

thank infonya.salam :produksi-rumahan, ramuan-herbalindonesia, vs-satanisme