Kursus Singkat Menjadi Pengrajin Perak

Diposting oleh pulat on Jan 7, 2011





Kerajinan perak khas Kotagede yg telah mendunia kini tak hanya bisa dibeli, tetapi juga bisa dipelajari pembuatannya. Sejumlah tempat menawarkan kesempatan langka itu dgn durasi sesuai kebutuhan anda.

Kini, Kotagede tak hanya menawarkan kemewahan kerajinan perak produksinya, tetapi juga kesempatan untuk mempelajari proses pembuatan peraknya.

Sebuah kursus singkat yg berdurasi tiga jam hingga dalam hitungan hari menawarkan pada anda paket wisata alternatif meliputi merancang desain kerajinan perak, membuatnya dan akhirnya membawa pulang hasil buatan anda sendiri Salah satu tempat dimana anda bisa menikmati paket wisata itu adalah di Studio 76.

Tahap awal kursus adalah perancangan desain perhiasan. Anda dibebaskan untuk memilih jenis perhiasan dan desain yg akan dibuat. Setelah desain ditentukan, proses dilanjutkan dgn pemindahan desain ke cetakan dan penempaan. Setelah ditempa, lempengan kuningan atau tembaga yg digunakan sebagai bahan dasar ditempa menggunakan timah lunak. Selanjutnya, bahan dirangkai sesuai keinginan dan dipoles dgn perak melalui penyepuhan.

Bila memiliki lebih banyak waktu, anda bisa memilih membuat kerajinan perak yg lebih indah. Untuk membuatnya, anda harus berlatih memahat lempengan bahan dasar perhiasan sebelum memolesnya.

Terdapat beberapa pilihan waktu dan durasi sesuai keinginan anda. Bila hanya memiliki sedikit waktu saja, anda bisa memilih Short Course yg berdurasi 3 jam, namun bila memiliki banyak waktu anda bisa memilih Full Day Course yg berlangsung dari pagi hingga sore hari. Jika masih juga kurang puas, anda bisa memilih Arraged Course yg jangka waktunya menyesuaikan dgn target dan keinginan anda.

Biaya kursus berkisar antara Rp 100.000,00 hingga Rp 2.000.000,00 per orang, tergantung pada pilihan paket kursusnya. Semakin lama jangka waktu kursus, maka biaya akan semakin mahal pula. Namun tak perlu khawatir, karena proses belajar pun akan lebih detail dan kerajinan perak yg ditawarkan pun memiliki gram yg lebih tinggi. Perhiasan yg dihasilkan dari Short Course maksimal hanya 5 gram, tetapi Full Day Course mencapai 10 gram.

Demi mengikuti kursus kerajina perak ini, anda harus menghubungi lebih dulu beberapa sanggar atau penyedia jasa kursus sehingga instruktur dan peralatan pembuatan perak bisa dipersiapkan.

Selamat Mencoba

Sumber: www.yogyes.com
Temukan Info Lengkap Seputar Kerajinan  Perak 

{ 0 komentar ... read them below or add one }