Kenikmatan Brownies dari Tepung Singkong

Diposting oleh pulat on Jan 20, 2011



Bisnis - Semua Orang suka brownis. Cake cokelat yg bantat atau kenyal, dgn rasa khasnya yg manis dan legit. Makanan ini sempat menjadi santapan terkenal karena ada beragam model pengolahannya. Mulai dari brownies oven sampai kukus. Selama ini yg kita tahu brownies di buat dgn bahan dasar tepung terigu. Lalu bagaimana jika cake hitam manis ini dibuat dgn menggunakan tepung singkong?? Apakah rasa dan bentuknya akan tetap sama??


Ternyata dari pengakuan beberapa masyarakat yg pernah merasakan brownies singkong ini, mereka mengaku justru rasanya lebih enak dari pada brownies yg menggunakan tepung terigu. Wah, pasti kira-kira apa saja kelebihan yg terdapat di tepung singkong ini, sehingga menjadi alternatif pengganti tepung terigu.

Pada dasarnya secara penggunaan tepung singkong lebih irit dibandingkan dgn tepung terigu. Jika dilihat dari teksturnya, tepung singkong memiliki tekstur yg lebih padat, ini yg membuat irit dalam penggunaannya tepung singkong. Misalnya, untuk membuat satu adonan kue dibutuhkan 200 gr tepung terigu. Sedangkan dgn tepung singkong hanya diperlukan 150 gr. Selain  itu, tepung singkong mempunyai kadar air lebih sedikit sehingga brownies cepat matang saat dikukus, ada lagi beberapa hal yg membuat tepung singkong ini mejadi pengganti tepung terigu. Yaitu kadar gula lebih tinggi sehingga irit penggunaan gula, rasanya netral sehingga gampang menyerap penambah rasa apa pun, dan yg paling menguntungkan harganya lebih murah, tepung terigu dijual dgn harga Rp 7 ribu – Rp 10 ribu per kilogram, sedangkan tepung singkong Rp 5 ribu/kg.





Ada lagi, jika dilihat dari daya tahannya, tepung singkong dapat disimpan hingga setahun sedangkan tepung terigu baru sebulan sudah kutuan. Setelah diolah menjadi brownies, brownies singkong mampu bertahan 12 hari di luar lemari es, sedangkan browines terigu hanya selama seminggu (di dalam kulkas, baik brownies singkong maupun brownies terigu mampu bertahan selama sebulan, red.).

Namun, saygnya dari segi ketersediaan, tepung singkong belum sebanyak tepung terigu. Maklum, pabrik pengolahannya baru ada tiga yaitu di Trenggalek (Jawa Timur), Lampung, dan Karawang (Jawa Barat). Selain itu, sebagian besar tepung singkong yg dihasilkan lebih banyak digunakan untuk memenuhi pasokan berbagai industri makanan di luar Pulau Jawa.

Apakah Anda tertarik membuat brownies dari tepung singkong dgn olahan lain??. Yg mungkin bahan dasarnya dapat lebih mudah di dapat dan pastinya rasanya tidak kalah enak. Siapa tahu bisa menjadi peluang sukses bisnis rumahan Anda.


sumber: Bisnisukm.com
Temukan Info Lain Seputar Bisnis

{ 0 komentar ... read them below or add one }