Kelebihan Blog Dengan Dua Bahasa atau Lebih

Diposting oleh pulat on Jan 6, 2011





Cara membuat pengunjung asing menyukai blog Anda jika mereka tidak mengerti bahasa yg Anda gunakan? Solusinya adalah dgn menambahkan fitur penerjemah bahasa ke dalam website atau blog Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yg dapat Anda gunakan untuk menyediakan fitur penerjemah bahasa instant pada website Anda. Sehingga pengunjung blog/website dapat dgn mudah menerjemahkan halaman web Anda ke dalam bahasa mereka, hanya dgn menekan tautan atau gambar bendera negara mereka yg telah Anda sediakan.

Memakai mesin Penerjemah Bahasa pada blog atau website adalah cara yg paling mudah untuk membantu pembaca dari negara lain sehingga dapat terjalin komunikasi. Baik blogger menulis dalam bahasa Indonesia dan pembaca menggunakan bahasa Inggris, maupun sebaiknya, keduanya masih dapat memahami satu sama lain.

Era modern, kebanyakan orang sudah memulai blogging dgn beberapa bahasa, untuk dapat menjalin komunikasi dgn pengunjung diluar blogshpere Indonesia. Beberapa layanan penerjemah gratis memungkinkan blogger untuk menulis artikel baik itu dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, dan bahasa lainnya secara simultan.

Layanan penerjemah bahasa yg paling terkenal adalah yg ditawarkan oleh Google, AltaVista Babelfish and WorldLingo. Dgn menggunakan layanan ini, pembaca yg berbahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, Itali, Portugal, Belanda, China, Jepang, Korea, atau Rusia akan dapat menerjemahkan suatu halaman web ke dalam bahasa yg mereka pakai.

Di atas 65% pengguna internet menggunkan bahasa selain bahasa Inggris, dgn menyediakan fitur penerjemah bahasa pada blog Anda adalah hal yg bisa dibilang penting. Dgn website multi bahasa, website Anda akan lebih mudah diakses dan popular, jika pengguna dapat menerjemahkan isi dari halaman web ke dalam bahasa mereka sendiri.

Kebanyakan pengguna Blogger ataupun WordPress Self Hosted, menyediakan sebuah kotak penerjemah bahasa ke dalam website atau blog mereka. Sehingga untuk menerjemahkan sebuah halaman web, pengunjung hanya tinggal memilih bahasa apa yg ingin mereka baca, dgn menekan tombol translate yg disediakan tadi. [World Lingo, Google Translate, BabelFish Translate]. Ini adalah cara termudah untuk membuat website multi bahasa, walaupun penerjemahan konten dari halaman web tersebut masih diterjemahkan secara “kasar”.

Khusus bagi pengguna WordPress Self Hosted, ada beberapa plugin yg telah dikembangkan, dan bisa Anda gunakan untuk membuat blog dgn dua bahasa atau lebih, lihat:

  • Polyglot oleh Martin Chlupac
  • Language Switcher oleh Jennifer Hodgdon
  • Gengo oleh Jamie Talbot
  • xLanguage oleh Sam Wong, atau
  • xili-language oleh MS xiligroup

Sumber: patembe.com
Temukan Info Lanjut Seputar Penerjamah Bahasa

{ 2 komentar ... read them below or add one }

januar taufik said...

wah sepertinya perlu di coba ni bro. thnks infonya :D

Salam kenal ya. maklum masih newbie ni. kunjungi blog gw juga ya.

sewa lcd projector said...

jadi tambah semangat untuk berblog ria dunk./