Invoice Dalam Pengiriman Barang

Diposting oleh pulat on Jan 14, 2011





Pengiriman barang - Pengiriman barang tergantung pada tujuan pengiriman barang apakah pengiriman barang ke dalam negri maupun pengiriman barang ke luar negri.

Ada beberapa dokumen yg diperlukan untuk suatu pengiriman barang, diantaranya : Shipping Instruction (SI), Invoice, Packing List, Airwaybill.

  • Shipping Instruction adalh perintah pengapalan dari pengirim barang kepada perusahaan freight forwarder. Terjadinya transaksi di tandai dgn adanya Shipping Instruction ( SI ). SI ini memuat antara lain : nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, keterangan barang, dan jumlah barang.

  • Invoice adalh dokumen yg memuat data-data barang kiriman berisi harga barang.

  • Packing List adalh dokumen yg memuat dat-data barang kiriman yg berisi jenis barang, berat, ukuran, dan jumlah barang.

  • Airwaybill adalh surat jalan yg disediakan oleh penyedia jasa pengiriman, isinya berupa nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, jumlah berat, tanggal transaksi, tanda tangan pengirim, dan penyedia jasa.

Dokument diatas wajib ada untuk setiap pengiriman, khususnya untuk barang non dokumen atau paket. Tetapi ada juga untuk kiriman tertentu dibutuhkan dokumen tambahan seperti copy SIUP, copy NPWP, MSDS ( untuk barang yg tergolong cairan/unsur berbahaya ), Sertifikat Fumigasi ( untuk barang yg berasal dari kayu ), Sertifikat Karantina ( untuk pengiriman buah-buahan ), Sertifikat POM ( untuk makanan ), dan dokumen lainnya yg dibutuhkan sesuai dgn jenis barang yg akan di kirim.

Biasanya kelengkapan dokumen diatas untuk pengiriman ke luar negri dan dalam partai besar (cargo).

Ada beberapa hal yg harus dipertimbangan oleh jasa pengiriman barang maupun pengirim barang (shipper) untuk melaksanakan pengiriman, berikut yg bisa dijadikan salah satu pertimbangan dalam proses pengiriman barang:

Packing
Packing adalh suatu wadah atau tempat dibagian luar barang yg digunakan untuk melindungi isi barang yg akan dikirim.

Jenis-jenis packing bervariasi tergantung dari isi barang yg akan dikirim. Packing bisa berupa box karton, palet kayu/triplek, plastik, maupun sterofoam.

Pengiriman melalui Udara
Jika anda mengirim barang melalui udara, sebaiknya tanyakan dulu ke perusahaan pengiriman barang tersebut seberapa besar / berat barang yg diperbolehkan naik melalui udara.

Karena untuk tujuan-tujuan tertentu kita tidak boleh mengirim berat barang lebih dari jumlah yg ditentukan.

Pengiriman melalui Darat
Jika muatan kiriman anda tidak terlalu banyak, misalnya hanya ada 5 koli dan berat tidak sampai 500 kg, sementara anda tidak tergesa-gesa untuk waktu pengiriman, dan sedikit menghemat biaya pengiriman karena tidak harus menyewa 1 truk, maka anda bisa Memakai konsul barang atau penggabungan barang dgn barang kiriman milik orang/perusahaan lain dalam 1 truk.

pengiriman melalui laut
Jika muatan anda banyak (misal 20 - 25 m3) sebaiknya anda booking saja 1 container 20 feet. Atau booking 1 truk dimana nantinya truk tersebut akan langsung naik keatas kapal

Sumber: levis-blogkuu.blogspot.com

Temukan Info Lain Seputar Pengiriman Barang

{ 0 komentar ... read them below or add one }