Cara Dasar Menginstall Windows

Diposting oleh Unknown on Jan 21, 2011


Menginstall Program Komputer di Windows XP, Vista dan Windows 7 ini lebih ditujukan bagi pemula atau siapa saja yang ingin mempelajari cara instalasi dasar sebuah program sistem operasi. Karena tidak mungkin jika setiap kita akan menginstall suatu program seperti internet download manager, K-Lite Media Player classic, winamp dan program kecil lainnya harus menyerahkan ke tukang servis komputer/laptop dengan biaya installnya mencapai puluhan ribu rupiah, padahal waktu untuk menginstallnya hanya sebentar.

dasar ilmu komputer

Walaupun menurut saya itu adalah hak si teknisi/tukang service komputer dan hak si punya komputer untuk masalah harga, namun saya sendiri sebenarnya sedikit tergelitik (geli tau jelir) dengan si punya komputer. Mengapa mereka tidak ingin mempelajari cara install program komputer yang sebenarnya simple tapi butuh keberanian plus sedikit pengetahuan akan english basic.

Sebelum mempraktekkan cara menginstalasi sebuah program komputer. Ada sebuah prinsip yang harus kita pegang, yaitu “jangan takut salah karena wajar lagi belajar”. Jika kita sudah siap untuk belajar cara menginstalasi program komputer, berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika menginstall program komputer :

  1. Please Select a Language : Intinya menanyakan bahasa yang ingin dipakai untuk program yang akan di install. Silahkan pilih english kemudian klik Ok (bahasa indonesia banyak belum tersedia kecuali untuk program buatan orang indonesia seperti smadav)
  2. Welcome to the Program bla bla bla (Maksudnya program yang akan di install) : Tampilan kedua biasanya hanya menjelaskan tentang fitur-fitur yang tersedia di program tersebut. Kalau ketemu klik saja next, kalau ndak ketemu jangan di klik.
  3. License Agreement : Tampilan hak lisensi dari si pembuat program. Jika ada dua pilihan : “I aggree/accept” dan “I don’t agree/don’t accept” maka pilih I am Agree yang artinya saya setuju dengan segala ketentuan yang berlaku berdasarkan pembuat program. Kemudian Klik Next
  4. Choose Install Location atau Choose Destination Folder : Intinya menanyakan tempat penginstallan program di komputer. Biasanya program installan tersebut akan membawa kita ke folder yang biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan folder. Untuk lebih memastikan, biasanya ditunjukkan “c:\programfiles\Nama program yang akan diinstall”. Kita bisa merubahnya lokasi install dengan mengklik browse. Jika sudah Ok, klik Next
  5. Choose Component : Menanyakan tentang komponen kecil/pendukung dari program yang akan diinstall. Cheklist komponen yang ingin di install dan buang cheklist/uncheklist untuk program yang tidak ingin di install. Jika belum tahu akan fungsi masing-masing komponen program tersebut klik saja next karena secara default program tersebut telah memilih komponen program yang biasa digunakan. Ada juga opsi lain yang menampilkan basic install, complete install. Untuk pemula disarankan memilih complete install lalu klik next
  6. Choose Start Option
* Create start menu/pilihan untuk menampilkan program tersebut di start menu,
* Create Launch Icon/pilihan untuk menampilkan program di taskbar.
* Create Dekstop Icon/Menampilkan program tersebut di dekstop.
Intinya adalah pilihan untuk memudahkan kita menemukan program tersebut. Cheklist atau Uncheklist pilihan tersebut lalu klik next. Untuk pemula, biarkan semua tercheklist lalu klik next.
7. Pilihan selanjutnya adalah Installing program. Klik saja install lalu tunggu sampai proses penginstalannya selesai.
8. Installation Complete : Pemberitahuan bahwa program telah terinstall. Klik Finish sebagai langkah akhir.

Prinsip dasar menginstall program di atas, menurut saya hampir digunakan untuk semua jenis program kecil. Mungkin caranya agak sedikit berbeda ketika menginstall program editing photo (photoshop, coreldraw, autocad dll), program editing video (u-lead video studio, adobe premiere, pinacle studio dll) dan program microsoft office yang biasanya meminta serial number. Namun Jika kita punya yang memakai serial number, maka tidak perlu takut, tinggal masukkan serial number/crack/atau keygennya.

{ 0 komentar ... read them below or add one }