Wajah Baru Melalui Transplantasi Wajah

Diposting oleh pulat on Oct 1, 2010






Menurut pengakuan sebuah rumah sakit di Spanyol Mereka berhasil melakukan operasi wajah atau transplantasi atau cangkok wajah pertama di dunia secara total (full face).  Operasi wajah yang terdiri dari 30 dokter asal spanyol itu dilakukan bulan lalu terhadap seorang pria muda yang wajahnya hancur dan tidak bisa dikenali lagi akibat bunuh diri.

Meskipun Operesi wajah atau transplantasi/cangkok wajah bukan hal baru dalam dunia kedokteran, opersi wajah ini kebanyakan dilakukan secara parsial. Para ahli di Barcelona yang melakukan opersi wajah ini mengklaim bahwa bedah transplantasi yang dilakukan mereka tidak pernah dilakukan sebelumnya di dunia.

Salah satu yang membedakannya adalah, selain jaringan kulit, pada transplantasi ini pasien juga mendapatkan tulang pipi yang baru, otot wajah, langit-langit mulut, gigi, kulit, hidung, dan rahang baru. opersi wajah yang luar biasa ini dilakukan pada 20 Maret di Vall d’Hebron University Hospital Barcelona ini membutuhkan waktu total hingga 24 jam.

Dalam pra operasinya , sang pasien berusia 30-an yang bekerja sebagai petani ini tidak bisa menelan, berbicara, atau bernapas secara normal akibat upaya bunuh diri dengan cara menembak wajahnya sendiri tahun 2005. Setelah transplantasi, pria yang tidak disebut namanya ini masih akan dirawat di rumah sakit hingga dua bulan mendatang,

“sang pasien telah melakukan operasi wajah sebanyak sembilan kali tanpa hasil yang mengembirakan. Oleh kerana itu, dia memilih menjalani transplantasi total pada wajahnya. Ini adalah transplantasi wajah secara total pertama di dunia karena 10 operasi lain sebelumnya hanya dilakukan secara parsial,” ungkap pernyataan resmi dari RS Vall d’Hebron University.

Operasi wajah atau Bedah transplantasi wajah pertama kali di dunia ini dilakukan terhadap seorang perempuan asal Perancis bernama Isabelle Dinoire tahun 2005. Wajah Isabel terkoyak akibat gigitan anjingnya sehingga ia harus mendapatkan jaringan kulit baru pada wajahnya ditambah hidung baru dan mulut.

dari situlah, bedah transplantasi atau operasi wajah dilakukan di beberapa negara, termasuk China dan Amerika Serikat. Di Indonesia, operasi cangkok wajah yang fenomenal pernah dijalani oleh Siti Nur Jazilah alias Lisa, perempuan naas yang tidak dapat dikenali lagi akibat disiram air keras.

Tim dokter RSUD Dr Soetomo, Surabaya, mengoperasi wajah Lisa dalam beberapa tahap, salah satu di antaranya operasi dengan menggunakan teknik bedah mikroskop yang merupakan pertama kali di Indonesia. Para dokter saat itu mencangkok kulit wajah yang diambil dari punggung pasien.

Sumber: www.dapunta.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar... read them below or add one }