Regenerasi Pejuang Kegiatan Sosial Butuh Waktu

Diposting oleh Wikey on Oct 5, 2010




Regenerasi tenaga sosial tidak mudah. Untuk mengajak generasi muda tampil sebagai pekerja sosial, membutuhkan perhatian ekstra. Sangat susah mengajak anak muda untuk tampil dalam kegiatan sosial.

"Apalagi di kota besar seperti Surabaya," kata Ketua BK3S Jatim Dr H Tjuk Kasturi SukJadi, SE di sela-sela Raker DNIKS di Surabaya, beberapa waktu lalu.Mengelola kegiatan bidang sosial Itu tidak mudah. Merekrut orang muda untuk menjadi relawan itu tidak mudah. Hanya orang-orang terpilih saja yang mau menceburkan dirinya untuk mengurusi masalah-masalah sosial."Kalau sekarang ini di antara kita ada orang muda, saya sangat berbahagia sekali, karena masa depan adalah milik orang muda. Kita orang-orang tua hanya mengantar orang-orang muda, yakin mereka memiliki integritas, mempunyai karakter yang akan menjamin bahwa mimpi-mimpi orang tua akan terwujud di masa datang." ucapnya.

Dr H Tjuk Kasturi Sukiadi sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan DNIKS mengyatakan sangat mendukung program-program Ketua Umum DNIKS, tentang gerakan sosial yapg diletakkan pada prakarsa dan swadaya masyarakat akan berhasil. Sehebat apapun baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tidak akan mungkin mengatasi masalah-masalah sosial."Betapa sulitnya kita dalam membiayai diri kita untuk menjadi aktivis kegiatan sosial," ujarnya. Setelah berusaha untuk mencoba menghimpun kembali teman-teman K3S Kota dan Kabupaten, tetapi nampaknya baru separuh yang kemudian sadar bahwa memang lembaga K3S itu diperlukan dan harus difungsikan lagi dengan lebih baik.

"Menghimpun kembali pejuang-pejuang kegiatan sosial Juga merupakan salah satu acara kami di sini meski ini merupakan acara nasional DNIKS dengan BK3S, tetapi Juga saya manfaatkan untuk mengundang K3S seluruh Jawa Timur dan Juga organisasi sosial di Jawa Timur," ujarnya.Tjuk Sukiadi menyebutkan semuanya across the board mulai dari anak, remaja, penyandang cacat, lansia sampai pada lingkungan hidup semua kita tangani. Hanya karena kemampuan yang terbatas perlu ada sharing dan networking dengan teman-teman dlari ofsos, dari dinas, dari departemen, teman jajaran perguruan tinggi sehinga kita bisa saling asah, asih, asuh.

Sebagai tuan rumah Rapat Kerja DNIKS bersama BK3S seluruh Indonesia, K3S dan organisasi sosial. Dr H Tjuk K Sukiadi, menyediakan diri. "Memang saya yang menyediakan diri. Kebetulan DNIKS kantornya baru dipugar, di samping tempatnya tidak cukup luas. Sehingga, ketika Ketua Umum DNIKS Bapak Prof Dr Haryono Suyono punya ide untuk mengumpulkan BK3S seluruh Indonesia, ruangannya tidak cukup. Maka saya tawarkan bagaimana kalau Jawa Timur yang menyelenggarakan dan beliau setuju. Dan sekarang Raker DNIKS bersama BK3S seluruh Indonesia, K3S dan orsos berlangsung di sini." ungkapnya.

sumber:bataviase.co.id

Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }