Persaingan Dalam Bisnis Manajemen Acara

Diposting oleh pulat on Oct 25, 2010





Untuk Anda yang senang berorganisasi dan berhubungan dengan banyak orang, bisa jadi kesenangan itu akan menjadi jalan untuk meraih pendpatan bisnis yang lumayan. Berbekal penglaman berorganisasi, Anda dapat mulai merintis bisnis event organizer (EO) atau Manajemen Acara yang kini semakin banyak bermunculan. Peluang bisnis di bidang event organizer atau Manajemen Acara memang makin menjanjikan seiring meningkatnya kebutuhan masyrakat akan jasa event organizer atau Manajemen Acara profesional.

Dalam Bisnis event organizer atau Manajemen Acara bisa kita mulai dengan menangani event yang skalanya kecil terlebih dahulu. Misalnya acara peringatan tujuh belasan di perumahan, peringatan hari besar nasional atau hari besar agama. Nah, kalau sudah terbiasa dengan pola kerja seorang event organizer atau Manajemen Acara, barulah bisa kita tingkatkan menjadi pengelola even yang lebih besar dan profesional seperti seminar, workshop, atau training.

Hal terpenting dari bisnis event organizer atau Manajemen Acara terletak pada ide dan ketrampilan eksekusi di lapangan. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk mendesain sebuah acara agar sesuai dengan kebutuhan klien. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk mengamati dan melakukan implementasi secara detail pada saat even berlangsung.

Berikut beberapa kebutuhan dalam bisnis EO atau Manajemen Acara

Perlu Punya Database
Dalam mengelola bisnis event organizer atau Manajemen Acara, database mempunyai peranan yang amat penting. Baik itu database sponsor, media, lembaga pemerintah, mitra strategis, dan database klien itu sendiri. Database ini akan sangat membantu terutama saat kita mendapatkan proyek yang harus disiapkan dalam hitungan hari.

Kemampuan Menjual
Kemampuan menjual sebuah acara juga penting bagi seorang EO atau Manajemen Acara. Disamping untuk menggaet sponsor potensial, juga untuk bisa meraih target audience yang dibidik. Para calon sponsor potensial ini biasanya tidak akan ragu ragu untuk mendanai jika mereka melihat ada value lebih dari event yang kita selenggarakan.

Berpikir Detail
Tantangan lain seorang EO adalah bagaimana mampu melihat hal hal yang sangat detil dalam sebuah acara. Mulai dari teknis acara sampai perlengkapan yang sering kali jenisnya macam-macam.

beberapa tips bisis EO atau Manajemen Acara:

1. Buat tim khusus yang terdiri beberapa orang. Bisa dengan kawan sendiri. Yang penting punya komitmen yang tinggi.

2. Tentukan segmen yang akan dipilih. kelas bawah, menengah ataupun atas

3. Hindari ide yang biasa-biasa aja. Jangan takut mewujudkan ide yang kelihatan gila tapi cukup inovatif. Usahakan sebuah tema yang menarik dan berbeda untuk setiap acara yang ditangani.

4. Bangun relasi yang baik dengan para sponsor dan media.

5. Utamakan kualitas, bukan profit.

6. Untuk membangun brand awareness, jangan sungkan-sungkan untuk menangani acara sosial. Hal ini akan berdampak baik bagi publisitas bisnis dan diri kita.


Sumber: www.ukmjatim.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris


{ 0 komentar... read them below or add one }