Mahalnya Pemeliharaan Hewan Kuda Pacu

Diposting oleh pulat on Oct 11, 2010





Bila anda seorang pemula, mungkin gambaran yang ada pada anda  saat memilih dan beli hewan kuda hanya dengan melihat kuda dari segi Fisik, Jenis Kelamin dan Warnanya semata. Gambaran seperti ini adalah wajar namun perlu di ketahui.

Ada banyak faktor yang harus di fahami sebelum beli hewan kuda. seperti, untuk apa anda membali kuda? untuk kuda pacu (Equestrian), sekedar untuk tunggangan di rumah, atau untuk diternakkan di ambil anak keturunanya, dan terakhir adalah faktor Budget yang harus anda siapkan.

Sangat sulit melakukan penilaian terhadap seekor kuda adalah kondisi fisik dan kontruksinya. Bagaimana posturnya ? Atletiskah? cacat fisikkah? Jalannya tegak dan lurus kah? langkahnya benar atau silangkah? matanya, telinganya, napasnya, kerongkongannya, perutnya, dadanya, kakinya, kukunya dsb. Ada banyak yang mesti dilihat. Dan itu menjadi hal yang menentukan dalam memilih dan memberi penilaian harga beli kuda.

Jika semua sudah lulus seleksi sebetulnya masih ada lagi yang harus diperiksa sebelum beli hewan yaitu Perangai si kuda, kharakter si kuda. Kuda suka menggigit, kuda suka menendang, kuda suka berdiri, kuda suka berhenti berlari dll. Itu semua harus  dipertimbangkan sebelum anda memilihnya.

Andaikan anda hanya ingin memilih kuda untuk dipelihara sebagi hewan kesayangan anda sekeluarga, pertimbaganan-pertimbangan diatas masih juga perlu dipakai, Bahkan faktor perangai dan kharakter si kuda menjadi dominan disamping hal-hal lain seperti diatas. Karena memelihara kuda yang nakal akan menjadi beban pikiran buat anda selamanya.

Jika anda ingin memelihara kuda untuk diternakkan, nantinya anda akan melayani para penggemar kuda untuk sport baik tunggang ataupun pacu. Beli hewan kuda dengan jenis Pedigree yang termasuk Top Of The Top. Meskipun untuk ini anda akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang lebih besar.

Beli hewan indukan kuda yang telah memiliki prestasi dalam gelanggang lomba saat masih mudanya. Kalau kuda pacu, ya di arena pacuan kuda, kalau Equestrian, ya di acara lomba tunggang serasi, Show jumping, Cross country, Endurance dll.

Datanglah dalam acara-acara lomba seperti itu sebelum beli hewan tersebut,anda akan bertemu dengan para penggemar kuda senior dan berdiskusi kira-kira kuda yang baik yang mana. Atau datanglah ke Stable ( Kandang ) yang ternama, biasanya mereka memiliki stock kuda-kuda yang akan mereka lepas setelah karir pacunya berakhir.

Yang terakhir adalah budget yang anda harus keluarkan untuk mem beli hewan kuda. Harga kuda sangat bervariasi, tergantung, Jenis Kelamin, Pedigree, Tinggi Kuda (klas), RAS kuda (Sandel, Pony/G, KPI, Thoroughbred), Prestasi Kuda, Prestasi Induknya, Prestasi Bapaknya, Warna, dan Ciri-Ciri Fisik Si Kuda.

Bagi seorang yang sudah berpengalaman soal kuda warna kuda diberi bobot paling rendah. Namun Kelamin dan Pedigree serta Prestasi memiliki bobot paling tinggi.

Dalam dunia kuda jenis kelamin jantan memiliki harga lebih rendah dibanding betina. Di dunia kuda harga kuda jantan lebih rendah dari betina ! Kecuali kuda jantan tersebuti dinobatkan sebagai pejantan profesional, baru harganya melejit sampai 1 milyar bahkan lebih.

Sumber : bpras@forum-sandalwood.web.id
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

{ 0 komentar... read them below or add one }