Kiat Membersihkan Sprei dan Bed Cover

Diposting oleh Wike Furyandi on Oct 27, 2010




Sprei dan Bed Cover adalah perangkat alat tidur yang berfungsi sebagai penutup tempat tidur. Sprei yang bersih tentu akan membuat suasana ruang tidur menjadi bagus untuk dilihat, selain itu saat digunakan pun tentunya akan memberikan rasa nyaman sehingga tidurpun bisa lebih nyenyak. Namun seringkali tanpa kita inginkan, sprei yang cantik tersebut menjadi kotor, umumnya, pada bagian sudut tempat tidur adalah bagian yang paling mudah kotor.

Untuk membersihkannya, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu yaitu memisahkan sprei dari cucian yang lain seperti baju, celana, dan lain-lain. Setelah itu rendam sprei dalam larutan detergen selama kurang lebih 30 menit, harus diperhatikan bahwa tidak diijinkan untuk merendam sprei terlalu lama karena justru akan membuat warna sprei menjadi luntur dan kusam. Anda juga bisa menanyakan hal ini kepada pen jual sprei dan bedcover.

Setelah selesai merendam selama 30 menit kucek secara perlahan dengan menggunakan tangan apabila anda mencucinya tanpa menggunakan mesin cuci, tapi jika anda mencuci menggunakan mesin cuci maka gunakan putaran mesin yang minimal, hal ini dimaksudkan agar serat kain tidak menjadi rusak. Setelah itu lakukan proses pembilasan dengan menggunakan air bersih sebanyak minimal 2 kali agar sprei menjadi bersih dari detergen.

Setelah dibilas, sprei dikeringkan dengan cara diperas. Jika anda menggunakan mesin cuci mungkin tidak akan menjadi masalah, namun bila anda menggunakan tangan sebaiknya jangan terlalu keras dalam melakukan perasan karena dapat merusak serat kain dan membuat sprei menjadi kusut. Dan yang harus diperhatikan dalam menjemur sprei adalah sebaiknya jangan langsung terkena cahaya matahari karena bisa membuat warna sprei cepat menjadi kusam. Dan juga sebaiknya jangan di dalam ruangan karena udara dalam ruangan yang lembab dapat membuat sprei tidak kering dan justru menjadi bau. Tempat paling ideal untuk menjemur sprei adalah pada ruang terbuka namun tidak langsung terkena sinar matahari sehingga sprei akan menjadi kering dengan diangin-anginkan saja.

Setelah sprei menjadi kering sebaiknya langsung disetrika agar sprei menjadi rapi. Pada saat anda menyetrika sebaiknya gunakan tingkat panas yang sedang-sedang saja agar tidak merusak serat kain. Jika perlu gunakan pewangi agar sprei menjadi harum dan menghilangkan bau detergen yang mungkin saja masih tersisa.

Jika anda belum berencana menggunakannya kembali sebaiknya simpan sprei di dalam lemari tertutup yang bersih dan kering, sehingga jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya anda dapat langsung mengambil dan memasangnya pada tempat tidur anda dan tentunya sprei yang telah dicuci akan membuat suasana tidur anda menjadi lebih nyaman karena anda tidur pada sprei yang cantik.

Saran dari saya sebaiknya sprei dan bed cover anda dicuci minimal setiap 2 minggu sekali agar suasana segar dalam kamar tidur dapat anda nikmati setiap harinya.

sumber:omahsprei.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Grosir Murah Tanah Abang said...

mantap banget deh tipsnya,jadi makin tahu nih tips mencuci sprei dan bed cover agar tidak mudah rusak..