Inilah Pusat Mainan Murah di Jakarta

Diposting oleh Wike Furyandi on Oct 4, 2010





Seorang anak tampak digendong ayahnya yang menenteng kantung plastik berisikan bola warna-warni. Sedangkan ibunya masih mencari-cari boneka Upin dan Ipin di dalam Pasar Gembrong, Prumpung, Jakarta Timur.

"Saya sudah membeli mainan di Pasar Gembrong sejak orang tua membelikan saya mainan sekitar tahun 1999. Di sini produk-produknya sangat banyak, lengkap dan murah," ungkap Ibrahim, warga Kalibata, Jakarta Selatan kepada Kompas.com saat sedang membeli mainan di Pasar Gembrong, Sabtu (21/8/2010).

Sementara Rifky, warga Cibubur, Jakarta Timur, menilai hampir semua barang yang dicari anak kecil ada di Pasar Gembrong. "Saya sudah cari ke toko mainan yang cukup terkenal, tapi tidak berhasil menemukan yang diinginkan. Akhirnya, saya beli mobil besar yang bisa dinaiki oleh anak kecil, harganya Rp 100.000. Itu sudah ditawar loh," kata Rifky, warga Cibubur, Jakarta Timur.

Berbeda dengan Budi, pemilik toko mainan di Komplek Setneg Cempaka Putih. "Cukup lumayan margin laba yang saya dapat jika beli di sini," kata Budi, yang sudah berlangganan dengan salah seorang pedagang Pasar Gembrong sejak 1997.

Sunadi, Ketua RT 08/01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, mengatakan, saat ini mainan yang paling banyak dicari adalah kapal laut atau helikopter dengan remote control. Harganya sekitar Rp 85.000.

Pria yang juga membuka lapak di Pasar Gembrong sejak tahun 1997 itu mengatakan, selera pembeli cenderung berubah-ubah setiap 1-2 bulan sekali.

"Dua bulan lalu, boneka Upin dan Ipin cukup laris. Sekarang musimnya yang pakai remote control itu," katanya.

Harga mobil-mobilan manual dibanderol mulai Rp 25.000, mobil-mobilan remote control Rp 50.000, pesawat mainan remote control Rp 85.000, pistol-pistolan Rp 35.000 dan 1 set mainan perang-perangan Rp 35.000.

"Ini ada barang yang baru dijual di sini, yaitu gitar mainan untuk anak-anak. Gitar fiber kecil Rp 35.000, gitar fiber besar Rp 45.000, sedangkan gitar kayu Rp 75.000," kata Arif, salah seorang pedagang.

Arif mengatakan, beda harga di Pasar Gembrong dengan toko mainan di pusat perbelanjaan berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

"Kualitas produk di tempat kami dengan yang di mal-mal itu relatif sama karena distributornya juga sama," kata Arif yang sudah berjualan mainan selama lima tahun.

sumber:kompas.com


Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

Anonymous said...

Saya berharap semoga saja produk mainan lokal lebih bisa bersaing dengan produk-produk impor seperti dari china. Saya memprediksi bahwa 3 - 4 tahun kedepan mainan helikopter remote control menjadi trend dari jenis mainan anak