Apa Itu Wiraswasta

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Oct 6, 2010



Mencari pekerjaan belakangan ini tidak hanya sebatas bidang disiplin ilmu tertentu seperti pegawai bank, guru, polisi, tentara, paranormal, dokter, pegawai. Ada pilihan menarik lainnya yang tidak kalah hebatnya, yaitu menjadi berwiraswasta (entrepreneurship).

Apa itu wiraswasta?

Wiraswasta adalah pemilik usaha yang dirintisnya sendiri dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada, bertanggung jawab atas usahanya dan tidak terlepas dari risiko, cth wirausaha sewa mobil, rumah makan, jualan pulsa, toko online dan masih banyak lagi.

Apa keuntungan menjadi wiraswasta?

1. Memenuhi kebutuhan orang melaui barang dan jasa yang diproduksi

2. Mendapatkan penghasilan yang banyak

3. Memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya lainnya yang di karuniai Tuhan

4. Memberikan kesempatan kerja bagi orang lain

5. Menjadi Dermawan

6. Membangun negeri melalui pajak ataupun berbentuk sumbangan lainnya.

Bagaimana caranya menjadi wiraswasta?

1. Memiliki cita-cita menjadi wiraswasta

2. Memilih, ingin menjadi Wirausahawan di bidang apa?

3. Melaksanakan atau merintis usaha sambil belajar, misalnya usaha rental mobil Anda bisa belajar dengan para ahli atau orang yang sudah lama berkecimpung di dunia jasa sewa mobil.

4. Tawakal kepada Tuhan

5. Bangkit dan belajar dari kegagalan usaha yang dirintis.

Catatan :

1. Jangan terlalu banyak cerita kepada orang tua bahwasanya Anda ingin jadi pengusaha, lebih baik dibuktikan saja dalam keadaan tetap patuh kepadanya. karena kebanyakan orang tua ingin anaknya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Negeri Swasta (PNS).

2. Sedikit sekali sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia yang mencetak wirausahawan. Tetapi jangan putus asa. Sebagian besar wirausahawan atau pengusaha belajar melalui alam dan pengalaman hidup alias tidak sekolah dan kuliah formil. Artinya belajar tidak hanya di kampus saja.

M Asman, SE.MM. Dosen Tetap FE Universitas Muara Bung

{ 0 komentar... read them below or add one }