Sekolah Tari Modern Perlu Dikembangkan

Diposting oleh Wikey on Sep 29, 2010



Penari menjadi bagian dari perkembangan budaya populer dalam industri hiburan. Penari adalah juga selebriti panggung, profesi yang memberikan kontribusi atas kesuksesan sebuah paket pertunjukan. Profesi yang makin diminati anak muda, namun minim apresiasi.

Realitas inilah yang kemudian memicu berdirinya sekolah tari di bawah bendera dancer profesional United Dance Works. Adalah Adhisty Juliani Kampono dan Yessy Hutabarat, dua perempuan penari dan koreografer yang sudah berpengalaman dalam dunia tari lebih dari satu dekade, yang menggagas sekolah tari ini.

United Dance Works Dance Complex, ini nama wadahnya, lingkungan yang sarat dengan kesan seni tari modern, kemandirian dan profesionalisme, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. UDW Dance Academy, adalah salah satu program pendidikan tari di dalamnya.

Sekolah tari, menurut Adhis, terutama yang fokus pada tari modern masih sangat sedikit. Kepekaan melihat kebutuhan dan perkembangan minat dan potensi anak muda masa generasi MTV melatari munculnya akademi ini.

Indonesia sudah cukup tertinggal dalam pengembangan seni tari modern. Padahal potensinya cukup besar jika diberdayakan. Adhis menjelaskan Singapura bahkan mencari guru tari dari Indonesia untuk diberdayakan di negaranya.

"Bahkan Singapura menyediakan ruang kepada pekerja seni untuk unjuk karya dan mereka difasilitasi. Apresiasi negara sangat tinggi atas potensi seni," tutur Adhis.

Asia bahkan menganggap Indonesia tak kaya potensi. Hingga akhirnya mereka mengakui kekayaan tradisi, setelah UDW menunjukkan kehebatan tradisi tari Saman dari Aceh yang dipadukan dengan gerak tari modern. Pertunjukan tersebut terwakilkan oleh UDW dalam sebuah ajang festival seni tingkat Asia di Singapura tahun 2009 lalu.

UDW Dance Academy membuka ruang untuk belajar tari lebih mendalam dan technical. Selain Yessy, dan sekolah tari ini juga akan diperkuat oleh David, koreografer profesional bertaraf internasional.

Level tari dimulai dari beginner, basic, intermediate, advance, dan soloseal selama 3-4 tahun. Jenis tariannya modern tradisional Indonesia, jazz ballet, pop modern, hip hop, kontemporer, lyrical, street latin, dan Funk. Biaya administrasi untuk mengikuti sekolah ini sebesar Rp 250.000. Sedangkan setiap level memiliki biaya pendidikan yang berbeda dengan masa waktu belajar yang ditentukan. Info lengkapnya sekolah tari ini bisa didapati di www.uniteddanceworks.com.

sumber:female.kompas.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Unknown said...

betul sekali