Pentingnya Pendidikan Kesehatan Untuk Anak

Diposting oleh Wikey on Sep 21, 2010




Anak adalah pribadi yang unik. Ia bukanlah seorang dewasa yang bertubuh kecil. Namun ia adalah sosok pribadi yang berada dalam masa pertumbuhan, baik secara fisik, mental dan intelektual. Sehat merupakan sebuah hasil yang memerlukan proses atau usaha. Memahami arti pentingnya kesehatan diri harus dimulai sejak dini, agar hasil itu bisa dirasakan di kemudian hari. Pendidikan kesehatan harus diajarkan sejak dini pada anak, karena anak sehat menjadi cerminan keluarga yang juga sehat.

Dalam memberikan Pendidikan kesehatan pada anak, seringkali orang tua dan guru hanya membatasi pada kesehatan tubuh saja. Padahal, ini tidak hanya membahas pada fisik tubuh, tetapi juga berkaitan dengan kesehatan mental, perubahan sikap, perubahan kebiasaan dan perubahan cara pandang.

Pencegahan dan penyadaran harus menjadi prioritas utama. Kita sebaiknya mengatakan pada anak-anak tentang cara mencegah dan melindungi diri dari sakit. Kita perlu mengajarkan hal-hal yang kecil dan sederhana yang dapat mereka lakukan sendiri tentang kesehatan.

Beberapa kebiasaan sehat berikut merupakan contoh pendidikan kesehatan yang dapat kita ajarkan pada anak, yaitu :

1. Rajin Membersihkan Diri Sendiri
Mandi dua kali sehari, sikat gigi, rajin mencuci tangan dengan sabun sampai bersih, memotong kuku tangan dan kaki serta membersihkannya, menggunakan pakaian yang bersih dan rapi.

2. Rajin Membersihkan Lingkungan
Membantu orang tua bersih-bersih rumah, tidak membuang sampah sembarangan, gemar membersihkan kamar tidur pribadi

3. Pola Makan Sehat
Makan makanan dan minuman yang bergizi, tidak jajan sembarangan yang tidak terjamin kebersihannya/tidak higienis, membatasi makanan ringan atau snack, tidak makan berlebihan agar tidak obesitas, membekali anak untuk membedakan makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan.

4. Pola Hidup Yang Sehat
Tidur secara teratur dan cukup, olahraga yang teratur dan rutin, menjauhi narkoba, rokok, minuman keras, dsb

Mengajarkan anak tentang pendidikan kesehatan agar mereka memiliki kebiasaan hidup sehat tak cukup hanya lewat nasehat. Yang terpenting, orangtua harus bisa menjadi contoh positif bagi anak. Jika Anda tidak ingin anak Anda merokok, tunjukkan pada mereka Anda tidak mempunyai kebiasaan tersebut. Bila tak ingin punya anak obesitas, kurangilah kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak di rumah. Anak selalu meniru kebiasaan dan tingkah laku orang di sekitarnya

Usahakan melibatkan anak dalam membuat rencana kegiatan sehat yang akan dilakukan bersama, misalnya acara bersepeda sekeluarga atau mencoba resep makanan sehat. Mengenalkan anak pada berbagai jenis kegiatan olahraga sejak dini juga merupakan contoh pendidikan kesehatan yang penting. Misalnya dengan cara menyediakan alat-alat olahraga di rumah, misalnya raket atau bola basket.

Anak-anak adalah generasi penerus kita yang akan menggantikan keberadaan kita. Anak yang sehat umumnya akan tumbuh berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat. Orang yang sehat akan memiliki banyak peluang dalam kehidupan di dunia dibandingkan dengan orang yang sakit-sakitan. Untuk itu, mari kita ajarkan pendidikan kesehatan pada anak-anak kita dengan berbagai metode agar mereka dapat menjadi anak yang sehat.

anneahira.com


Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

{ 2 komentar ... read them below or add one }

heny said...

pentingnya pendidikan kesehatan untuk anak, karena anak adalah generasi penerus bangsa yang harus di persiapkan menjadi generasi-generasi yang sehat dan tangguh

heny said...
This comment has been removed by the author.