Pengaruh Tas Sekolah Pada Kesehatan Anak

Diposting oleh pulat on Sep 3, 2010




Tas merupakan benda yang berguna dan tak terpisahkan pada saat kita akan bepergian. Sejak dahulu setiap orang bila bepergian selalu membawa tas, baik itu tas jinjing, tas tangan, ataupun tas ransel. Begitupun anak-anak, bila pergi sekolah pasti selalu menggunakan tas untuk membawa buku dan perlengkapan yang dibutuhkan saat bersekolah.

Tas sekolah yang banyak dijual dipasaran ditawarkan dengan harga yang bervariasi, mulai harga murah sampai harga yang cukup mahal. Sebagian orang tua dengan kondisi dana yang cukup akan membeli tas sekolah anak dengan harga yang relatif mahal, hal ini diharapkan dengan harga tersebut tas akan lebih awet, juga dapat memberikan kenyamanan, kekuatan dan keamanan yang baik.

Tas sekolah anak umumnya dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu (1) Tas bertali (dipakai di bahu/menyamping) dan (2) Tas ransel (dipakai dipunggung). Beberapa hal yang perlu diwaspadai pada pemakaian tas bertali adalah:

a. jang gunakan tas yang bertali panjang, karena beban yang berada pada salah satu sisi tubuh, akan menarik tubuh ke samping.

b. Biasakan menyeimbangkan barang bawaan (misalnya tangan kanan membawa tas dibahu, tangan kiri menjinjing tas lain atau bergantian membawa tas di bahu kanan dan kiri). Batas beban yang disarankan bila menggunakan tas bertali adalah 10 % dari berat tubuh.

c. Pilih tas bertali yang cukup lebar, mempunyai bantalan (tidak terlalu tipis) dan sesuaikan besar tas dengan kebutuhan.

d. Disarankan memakai tas yang terbuat dari bahan nilon karena ringan atau bahan kulit karena umumnya kuat.

e. Hindari tas yang menggunakan pegangan dari rantai karena akan melukai kulit.

Selain tas bertali, tas ransel (back pack) banyak dipakai anak sekolah karena multifungsi. Tas ini juga dipakai oleh kalangan profesional muda sebagai tas kantor ataupun penyimpan barang bawaan seperti laptop.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian tas berbentuk ransel:

a. Membawa barang yang diperlukan saja.

b. Ratakan beban dengan baik, biasakan untuk mengenakan kedua pegangan dan ikatan ransel kapanpun dipakai. Ajarkan anak mengangkat dan membawa tas ransel dengan benar dan tepat dengan mengenakannya tidak hanya pada salah satu sisi bahu tapi melalui kedua bahu.

c. Pilih tas ransel yang tepat sesuaikan dengan postur tubuh anak.

Akhirnya apapun jenis tas yang dipakai anak untuk bersekolah baik tas bertali ataupun tas ransel tidak masalah. Bila berat barang bawaannya kurang dari 10 % berat badan gunakan tas bertali dan bila melebihi 10 % dari berat badan disarankan memakai tas ransel. Bila berat barang bawaan melebihi 15 % sebaiknya gunakan tas beroda yang dapat ditarik pada saat membawanya karena tas tersebut tidak akan membebani anak.

Yang penting di sini ialah peranan orang tua yaitu tetap waspada dan memperhatikan terhadap barang bawaan anak bila pergi sekolah.

sumber: www.kulinet.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }