Pembangunan Rumah yang Ramah Linkungan

Diposting oleh Unknown on Sep 28, 2010



Pembangunan rumah di Indonesia khususnya di kota besar Jakarta sangatlah tidak mudah dan gampang karena kita harus memperhatikan daerah sekitar dan sistem irigasi yang semakin lama semakin tidak benar di setiap daerah kota Jakarta. Selain memperhatikan hal – hal itu kita juga harus memperhatikan bahan bangunan yang cocok untuk iklim Indonesia agar kita selain membangun kita juga bisa menciptakan ruang hijau di kota Jakarta.

Lalu membangun rumah yang bagaimana yang pas dengan iklim kota Jakarta dan ramah dengan lingkungan sekitarnya berikut kiat dan tips membangun rumah yang ramah dengan lingkungan dan pas dengan iklim kota Jakarta :

Bahan Bangunan

Carilah bahan bangunan yang ramah dengan lingkungan seperti penggunaan kertas dinding daur ulang, karpet, lantai rumah dan sebagainya. Memilih jenis bahan bangunan yang ramah lingkungan jika Anda masih bingung sebaiknya mintalah bantuan kepada konsultan arsitek rumah untuk membantu Anda dalam memilih bahan bangunan tersebut.

Desain Rumah

Carilah desain rumah yang ramah lingkungan misalnya membuat taman hijau yang lebih besar ketimbang kamar tidur ataupun ruangan di dalam rumah Anda, membuat sirkulasi pembuangan udara yang tepat, buatlah tempat pembuangan sampah baik itu organik maupun an organik dan sebagainya. Dalam hal ini mintalah bantuan kepada sang arsitek untuk membantu Anda mewujudkan rumah idaman itu.

Hindari atau Kurangi Penggunaan Elektornik

Sebaiknya jika Anda ingin membangun rumah idaman yang ramah lingkungan Anda juga harus bersiap mengurangi atau menghindari penggunaan barang elektronik yang berlebihan seperti penggunaan pendingin ruangan (AC), lampu yang berlebihan dan sebagainya.

Kaca

Kaca sangatlah berpengaruh dengan panas yang di timbulkan oleh sinar matahari karena semakin banyak kaca yang ada di dalam rumah kita kemungkinan semakin panas pula rumah kita. Jadi sebaiknya hindari penggunaan kaca yang berlebihan.

Taman Rumah

Ciptakan taman rumah pada rumah impian Anda misalnya seperti perbanyak tumbuhan hijau di rumah atau di setiap ruangan di dalam rumah Anda. Di taman tersebut tanamilah tumbuhan – tumbuhan yang memberikan kesejukan dan keteduhan misalnya pohon – pohon besar seperti pohon rambutan, pohon nangka, pohon durian dan sebagainya.

Selamat membangun rumah impian yang ramah lingkungan. Erick

{ 0 komentar ... read them below or add one }